Rusak Rumpon, 3 KLM Asal Lamongan Disandera Warga Masalembu

Avatar of PortalMadura.Com
ilustrasi kapal layar motor disandera
ilustrasi kapal layar motor disandera

PortalMadura.Com, Sumenep – Tiga kapal layar motor (KLM) asal Lamongan, Jawa Timur ditangkap warga Pulau Masalembu, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Rabu (1/10/2014).

Tiga KLM dengan 150 anak buah kapal (ABK) tersebut diduga merusak rumpon milik warga. Kapal jenis porsen itu yakni KLM Yuiee Yaa, KLM Sumber Makmur, dan  KLM Trimina Samudra.

“Tiga kapal dan ABK-nya masih kita amankan,” kata Moh Albar, salah seorang tokoh masyarakat Kepulaun Masalembu, Sumenep.

Ia mengklaim jika banyak rumpon (salah satu alat bantu tradisional untuk menangkap ikan) milik nelayan Masalembu rusak. “Kapal luar daerah sering masuk di area terlarang. Sehingga banyak rumpon ikan yang rusak,” terangnya.

Saat ini, tiga kapal dan nelayan asal Lamongan masih ada di Masalembu. Ia mengaku akan melepas setelah membuat perjanjian tidak akan masuk ke wilayah Masalembu yang bukan area penangkapan ikan berjenis porsen.

“Silahkan menangkap ikan tapi bukan area rumpon. Kapal atau perahu besar itu kan memang ada area penangkapan ikan tertentu,” tandasnya.(dien/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.