oleh

Tata Cara Salat Tarawih Sendiri di Rumah

PortalMadura.Com, Sumenep – Bulan Ramadhan selalu dinantikan oleh seluruh umat Muslim di dunia. Bulan ini merupakan bulan yang penuh keistimewaan, segala pahala dilipatgadakan. Salah satu pahala yang bisa di dapat di bulan Puasa yakni salat tarawih. Salat tarawih merupakan ibadah salat sunah yang hukumnya sunah muakad.

Ibadah Ini dilakukan setelah menjalankan salat Isya di tiap malam bulan Ramadan. Namun, saat ini umat muslim harus dihadapkan dengan Covid-19. Ditengah maraknya wabah Covid-19 Anda tidak harus salat tarawih berjamaah di Masjid, bisa dilakukan sendiri di rumah.

Hal ini untuk mengurangi penyebaran Covid-19. Salat tarawih di rumah dan di Masjid yang membedakan yaitu bacaan niatnya. Melansir dari Liputan6.com

Keutamaan Salat Tarawih

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda: “Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan karena iman dan mencari pahala, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” dalam Hadis ini diberitahukan bahwa salat tarawih atau qiyam Ramadan yang dilakukan karena niat dan iman dalam mencari pahala dapat di ampuni dosa yang ada.

Jumlah Rakaat Salat Tarawih

Salat tarawih di rumah cukup dilakukan sebanyak 11 rakaat, terdiri atas delapan rakaat salat tarawih dan tiga rakaat salat witir. Idealnya salat tarawih dikerjakan sebanyak dua rakaat. Jadi bila Anda ingin melakukan salat tarawih delapan rakaat, maka salat yang harus dilakukan adalah salat dua rakaat sebanyak empat kali, dengan salam ditiap dua rakaatnya.

Setelah melakukan delapan rakaat salat tarawih maka anda dapat melakukan salat witir tiga rakaat. Salat witir dapat dilakukan langsung tiga rakaat, dengan sekali salam atau dua rakaat lalu, salam dilanjutkan dengan satu rakaat.

Tata Cara Salat Tarawih Sendiri

Bukan berarti ada himbauan untuk tetap tinggal di rumah, lantas meninggal ibadah salat tarawih. Salat ini bisa dilakukan sendiri dirumah. Berikut tata caranya:

Niat Salat Tarawih

Usholli sunnatat-taroowiihii rok’ataini mustaqbilal qiblati lillahi taala.”

Artinya :

“Saya niat salat sunnah tarawih dua raka’at menghadap kiblat karena Allah Taala.”

Salat Witir

Setelah salat tarawih selesai, ibadah selanjutnya adalah salat witir. Salat witir dapat dilakukan tiga rakaat satu kali salam. Namun ada pula yang hanya melakukan satu rakaat salat witir.

Niat Salat Witir Tiga Rakaat Satu Kali Salam

“Ushallii sunnatal witri tsalaasa roka’aatin mustaqbilal qiblati lillaahi taala.”

Artinya :

Saya berniat salat witir tiga rakaat menghadap kiblat karena Allah taala”.

Baca Juga:Stadion A Yani Jadi Kandang Dua Klub Liga 3, Pemkab Sumenep Fokus Pemeliharaan Lapangan

Niat Salat Witir Satu Rakaat Salam

Ushallii sunnatal witri rok ‘atan mustaqbilal qiblati adaa’an (ma’muman / imaman) lillaahi taala.”

Artinya:

Saya niat sholat witir satu rakaat menghadap qiblat menjadi (ma’muman / imaman) karena Allah taala.

Bulan Ramadan adalah saat yang tepat untuk meningkatkan ibadah, maka manfaatkan kesempatan ini dengan baik. (*)

Wallahu a’lam Bishawab

Rewriter : Lisa Mana L
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar