Perahu Alis-Alis, Identitas dan Kebanggaan Kampung Jarat Lanjang Bangkalan

Perahu alis-alis yang tertambat di bibir pantai Kampung Jarat Lanjang. (Foto: Agus Hidayat)
Perahu alis-alis yang tertambat di bibir pantai Kampung Jarat Lanjang. (Foto: Agus Hidayat)
    Bagikan:

PortalMadura.Com, Bangkalan – Laut, perahu, dan ikan menjadi pemandangan lain yang tersaji saat melintasi jalan utama Kampung Jarat Lanjang, Desa Sukolilo Barat I, Kecamatan Labang, Kabupaten Bangkalan, Madura. Oleh karena letaknya di tepi pantai, terlihat adanya aktifitas yang berdeda dibanding kampung lain yang tidak memiliki pantai.

Untuk sampai ke Kampung Jarat Lanjang tidaklah sulit. Jika melewati jembatan penyeberangan yang dibangun tepat di atas pintu masuk tol Jembatan Suramadu, arahkan tujuan ke timur sejauh sekitar 100 meter. Ada pula jalan pintas yang bisa dilalui jika rute perjalanan melewati jalan akses menuju Jembatan Suramadu.

Sejumlah nelayan tampak berada di perahu masing-masing. Membersihkan perahu, memperbaiki kerusakan bagian perahu, juga menyambung jaring yang putus adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai pengisi waktu manakala tidak melaut. Beberapa perempuan terlihat sedang menjemur ikan hasil tangkapan.

Baca Juga:  Gambar Profil WhatsApp Bupati Fauzi, Mengingatkan pada Sosok Pemimpin Zuhud dan Cerdas

Aktifitas berbeda justru terlihat di sisi utara jalan utama kampung, tepatnya di halaman salah satu rumah warga. Sejumlah alat pertukangan tergeletak menunggu giliran dipergunakan. Tak lama kemudian, terdengar desingan alat bor menembus ketebalan kayu, bersautan dengan suara alat penghalus kayu. Hujaman berkali-kali martil kayu berukuran besar menyambung satu demi satu papan kayu hingga membentuk badan perahu.

Itulah kesibukan pembuatan perahu yang dilakukan sebagian warga Kampung Jarat Lanjang. Mata pencaharian lain yang bisa mendatangkan penghasilan tambahan. Namun dengan konsekuensi harus mengorbankan pekerjaan sebagai nelayan untuk waktu cukup lama.

Perahu buatan … Selengkapnya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.