PortalMadura.com

Hasil Penelitian, Olahraga Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar

  • Kamis, 20 Oktober 2016 | 15:00
Hasil Penelitian, Olahraga Ini Bisa Bikin Anda Lebih Pintar
ilustrasi

PortalMadura.Com – Rajin berolahraga tidak hanya baik bagi kesehatan dan membuat tubuh Anda tampak proporsional. Selain itu, ternyata olahraga juga memiliki manfaat bagi kecerdasan seseorang. Salah satunya olahraga berlari.

Menurut penelitian terbaru, olahraga berlari bisa membuat otak Anda lebih pintar. Berlari memang sudah terbukti baik untuk kesehatan tubuh dan jiwa. Olahraga tersebut pun sering diterapkan orang-orang yang ingin menurunkan berat badan karena bisa membakar kalori.

Bahkan, latihan yang dikenal bisa menguatkan tulang dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular itu juga mudah dan murah untuk dilakukan karena tidak perlu memakai alat.

Riset yang dilakukan National Institute of Health, mengungkap manfaat baru dari berlari. Para peneliti mengatakan, jika beberapa zat yang dilepas aliran darah ketika olahraga bisa menuju ke otak.

Kemudian, para peneliti meminta para partisipan yang memiliki kemampuan koginitif berbeda-beda untuk jogging empat kali seminggu selama empat bulan. Hasilnya, nilai tes kognitif mereka semakin meningkat setelah semakin sering berlari.

Para peneliti pun kemudian menyorot enzim Cathepsin B yang biasanya dapat membantu menghilangkan pegal otot. Mereka menemukan jika partisipan yang rutin berlari menghasilkan Cathepsin B dan punya nilai tes yang semakin tinggi di saat yang bersamaan. Ada kemungkinan keduanya saling berkaitan.

Menurut seorang investigator, Henriette van Praag, sebagai pemimpin studi, otak manusia memang lebih efektif ketika jumlah Cathepsin B cukup banyak.

“Ada alasan yang bagus mengapa sedikit latihan lebih baik dari pada tidak sama sekali,” ujarnya. (detik.com/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional