Tak Berkategori  

Hasil Riset : Ini Usia Ideal untuk Menikah

Avatar of PortalMadura.Com
Hasil Riset : Ini Usia Ideal untuk Menikah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagian orang dewasa dan beberapa orang tua, mereka berpikir bahwa setelah usia dua puluh adalah saat yang terbaik untuk menikah. Usia memang seringkali dijadikan patokan seseorang, terutama wanita untuk segera melepas masa lajangnya.

Akan tetapi, tidak sedikit juga mereka yang sudah dewasa dari segi umur belum juga menikah. Maka tidak ayal, banyak yang bertanya berapakah usia tepat untuk menikah walaupun kesiapannya belum tentu dilihat dari umur.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh peneliti dari University of Utah, AS, menunjukkan bahwa usia terbaik seseorang untuk menikah adalah antara 28-32 tahun. Menikah dalam rentang usia ini diyakini akan menurunkan risiko perceraian di lima tahun pertama usia pernikahan.

Dipublikasikan dalam Institute of Family Studies, ini menguatkan hasil penelitian sebelumnya yang menyatakan bahwa menikah di usia matang akan membuat hubungan rumah tangga lebih stabil. Oleh karena itu, risiko perceraian pun bisa diminimalisir.

Seorang sosiolog dari University of Utah, Nick Wolfinger, untuk menyelesaikan penelitian ini menggunakan data dari National Survey of Family Growth pada 2006-2010 dan 2011-2013. Dari analisa data, Nick melihat adanya pola yang berbentuk seperti huruf ‘U'.

Ujung huruf ‘U' di sebelah kiri didefinisikan sebagai masa kanak-kanak, sedangkan ujung ‘U' sebelah kanan menggambarkan masa tua. Seperti dikutip dari Self, Nick melaporkan, bahwa posisi ‘U' ketika Anda menikah bisa menentukan seberapa kuat pernikahan Anda bertahan. Risiko perceraian paling kecil jika Anda menikah saat usia berada di bagian paling bawah huruf ‘U' (bagian huruf ‘U' yang melengkung).

Bagian tersebut, ternyata diisi oleh usia 28 hingga 32 tahun dan dinyatakan sebagai usia ideal untuk menikah. Dengan catatan, apabila Anda ingin meminimalisir risiko bercerai, bukan faktor lainnya.

Perlu diperhatikan pula, dalam penelitian ini usia ideal yang dimaksud, tidak berkaitan dengan kondisi fungsi reproduksi atau faktor-faktor fisik lainnya. Namun, lebih fokus pada penekanan angka perceraian di lima tahun pertama pernikahan.

Sebab, orang-orang yang sudah berusia 28 tahun umumnya lebih bijaksana, matang dalam berpikir dan memiliki kehidupan ekonomi yang lebih mapan. Tentunya, dua hal tersebut dibutuhkan untuk mempertahankan rumah tangga.

Tetapi, usia ideal untuk menikah memang bisa berbeda pada masing-masing orang, tergantung dari kesiapan secara mental. (detik.com/ Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.