Hujan Mulai Turun, Pemkab Pamekasan Klaim Tak Mempengaruhi Harga Tembakau

Avatar of PortalMadura.Com
Hujan Mulai Turun, Pemkab Pamekasan Klaim Tak Mempengaruhi Harga Tembakau
dok. Tembakau (Foto Suciana Mukhtar)

PortalMadura.Com, – Turunnya hujan dalam dua hari terakhir di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diprediksi tidak akan berpengaruh terhadap yang telah dipatok oleh pihak pabrikan.

Kabid Perlindungan Konsumen Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Pamekasan, Hendrady mengatakan, dari sejumlah pabrik yang melakukan pembelian tembakau petani musim ini mematok harga rata-rata Rp 46 hingga Rp 47 ribu perkilo gram.

“Kalau masalah harga tidak berpengaruh meski sudah turun hujan, misalnya jemur tembakaunya kemarin dan hujannya hari ini itu tidak berpengaruh. Berbeda kalau jemurnya hari ini hujannya juga hari ini karena akan mempengaruhi kualitas,” klaimnya, Jumat (23/9/2016).

Menurutnya, hujan yang melanda Pamekasan dalam dua hari terakhir tidak menyeluruh di semua kecamatan, tetapi turunnya hujan tersebut bergantian. Sehingga, efek domino terhadap kualitas tembakau tidak signifikan.

“Misalnya kemarin hujannya di Kecamatan Larangan, sekarang di Kecamatan Palengaan, belum menyebar di semua wilayah,” tandasnya.

Sampai sekarang, lanjut dia, pabrikan membeli tembakau petani dengan harga bervariasi sesuai dengan kualitasnya. Adanya yang mematok harga di bawah Rp 30 ribu perkilo gram, bahkan ada pula yang membelinya dengan harga hingga Rp 50 ribu perkilo gram. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.