PortalMadura.com

Ladies, Ini 6 Manfaat Tersembunyi Kunyit Bagi Kecantikan

  • Sabtu, 22 Oktober 2016 | 11:00
Ladies, Ini 6 Manfaat Tersembunyi Kunyit Bagi Kecantikan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kunyit merupakan salah satu rempah-rempah yang sudah populer di Indonesia. Bumbu masakan yang satu ini biasanya digunakan menjadi pewarna alami dari sebuah makanan. Selain itu, tenyata kunyit juga menyimpan banyak manfaat kecantikan, terutama bagi kulit dan rambut.

Kunyit kaya akan kurkuminoid, yang populer karena sifat antibakteri dan anti-inflamasi. Rempah-rempah ini juga sering digunakan untuk berbagai sifat antiseptik. Lantas, apa saja manfaat kunyit bagi kecantikan?.

Berikut enam rahasia kecantikan yang tersembunyi dalam kunyit:

Menghambat Proses Penuaan
Kunyit dikenal memiliki sifat yang dapat membantu dalam menunda munculnya tanda-tanda penuaan. Caranya, campur beberapa sendok makan kunyit dengan sedikit air. Aduk hingga membentuk pasta.

Kemudian oleskan pada wajah, leher dan lengan. Ketika mengering, gosok kulit dengan lembut dalam gerakan melingkar, lalu bersihkan sisanya dengan air hangat. Lakukan perawatan ini secara teratur untuk menghindari munculnya kerutan dan untuk membuat kulit selalu terlihat lebih muda.

Mengurangi Jerawat
Karena memiliki sifat antibakteri dan antiseptik, kunyit dapat membantu untuk melawan jerawat. Hal ini juga dapat mengontrol sekresi minyak pada kulit dan mengurangi bekas jerawat.

Caranya, campurkan sedikit bubuk kunyit, bubuk cendana dan sedikit air lemon. Oleskan masker kunyit ke seluruh wajah dan biarkan kering. Kemudian cuci wajah dengan air dingin.

Mencerahkan Warna Kulit
Kunyit dapat meratakan warna kulit dan memberikan efek cahaya pada kulit. Ini yang menjadi alasan mengapa kunyit sering digunakan dalam berbagai adat pernikahan di Asia Selatan, yang umumnya dilakukan sebelum hari pernikahan, sehingga kulit pengantin wanita tampak lebih cantik dan cerah. Sertakan kunyit dalam masker wajah Anda untuk mencerahkan warna kulit Anda.

Menyembuhkan Belang di Kulit akibat Sinar Matahari
Campur kunyit dengan jus mentimun, dan terapkan secara bebas pada daerah yang terkena paparan sinar matahari. Pijat secara bersamaan untuk memberi efek relaksasi. Biarkan selama sekitar setengah jam sebelum membilasnya.

Lakukan perawatan ini secara teratur untuk mendinginkan kulit dan juga mengurangi belang di kulit.

Menghapus Sel-sel Kulit Mati
Campur susu mentah, jus tomat, tepung beras dan bubuk kunyit. Aduk rata hingga membentuk pasta. Masker alami ini dapat membantu Anda mengelupas sel-sel kulit mati. Masker ini juga dapat membantu untuk menghindari pembentukan kerutan di kulit.

Mengurangi Ketombe
Campur beberapa tetes minyak zaitun dan bubuk kunyit. Gunakan untuk memijat kulit kepala. Biarkan selama satu jam sebelum keramas. Perawatan ini dapat membantu untuk memberikan nutrisi ke akar rambut dan juga cukup efektif dalam mengurangi ketombe.

Kunyit juga memiliki sifat yang dapat membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut dan memperbaiki kondisi folikel rambut, sehingga mengurangi kemungkinan rambut rontok. (merdeka.com/Salimah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional