Ajaib, Netizen Heboh Ayam Jantan Ini Disembelih Tak Mati

Avatar of PortalMadura.Com
Ajaib, Netizen Heboh Ayam Jantan Ini Disembelih Tak Mati

PortalMadura.Com – Para netizen heboh dengan postingan foto ayam jantan dengan kondisi leher berlumuran darah dan nyaris putus, namun kondisi ayam dinyatakan tetap hidup.

Foto ayam tersebut diunggah di media sosial facebook oleh pemilik akun ‘Yhatie Lasingan’. Ayam milik tetangganya itu sudah disembelih dengan kondisi leher nyaris putus.

Dalam keterangan fotonya dijelaskan, “Ni ayam dr kmrin mpe krg blom bsa mati pdahal dah dsemblih mpe mu putus lehernya yg nyembih ayam jd takut,” melansir dari akun facebook ‘Yhatie Lasingan’, Senin (19/12/2016), pagi.

Selama dua hari, ayam tersebut tetap hidup. Pemilik akun juga bertanya status hukum pada ayam tersebut. “Lok dia mati stelah beberapa hari stlah dia dsemblih apakh sah dmakan?,” tanya pemilik akun.

Penelusuran PortalMadura.Com, bahwa dalam agama Islam, terdapat tata cara penyembelian hewan, antara lain;

1. Menggunakan pisau yang setajam mungkin. Semakin tajam, semakin baik. Ini berdasarkan hadis dari Syaddad bin Aus radhiallahu `anhu, bahwa Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya Allah mewajibkan berbuat ihsan dalam segala hal. Jika kalian membunuh maka bunuhlah dengan ihsan, jika kalian menyembelih, sembelihlah dengan ihsan. Hendaknya kalian mempertajam pisaunya dan menyenangkan sembelihannya.” (HR. Muslim).

2. Tidak mengasah pisau dihadapan hewan yang akan disembelih. Karena ini akan menyebabkan dia ketakutan sebelum disembelih. Berdasarkan hadis dari Ibnu Umar radhiallahu `anhuma,
“Rasulullah shallallahu `alaihi wa sallam memerintahkan untuk mengasah pisau, tanpa memperlihatkannya kepada hewan.” (HR. Ahmad, Ibnu Majah ).

3. Menghadapkan hewan ke arah kiblat. Disebutkan dalam Mausu’ah Fiqhiyah: Hewan yang hendak disembelih dihadapkan ke kiblat pada posisi tempat organ yang akan disembelih (lehernya) bukan wajahnya. Karena itulah arah untuk mendekatkan diri kepada Allah. (Mausu’ah Fiqhiyah Kuwaitiyah, 21:196).

4. Beberapa saat sebelum menyembelih, harus membaca basmalah. Ini hukumnya wajib, menurut pendapat yang kuat. Allah berfirman, “Janganlah kamu memakan binatang-binatang yang tidak disebut nama Allah ketika menyembelihnya. Sesungguhnya perbuatan yang semacam itu adalah suatu kefasikan,” (QS. Al-An’am: 121).

Dijelaskan juga, bahwa jika ayam yang disembelih belum juga mati, maka boleh disembelih lagi.

Tujuan dari menyembelih hewan secara agama di samping untuk mematikan hewan juga untuk menghilangkan darah dari daging. Ini karena darah haram dikonsumsi.(Hartono/tribunnews).

Ajaib, Netizen Heboh Ayam Jantan Ini Disembelih Tak Mati

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.