Inilah 10 Daftar Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 10 Daftar Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia
ilustrasi

PortalMadura.Com memiliki banyak sekali gunung berapi yang masih aktif hingga sekarang. Beberapa diantaranya pernah mencatatkan rekor dengan letusan yang sangat dahsyat hingga membuat dunia ikut merasakan dampaknya.

Nah, berikut ini adalah 10 daftar gunung berapi yang masih aktif. Yuk simak langsung di bawah ini.

Gunung Merapi
Gunung dengan ketinggian puncak 2.968 m dpl, per 2006, yang terletak di bagian tengah Pulau Jawa dan merupakan salah satu gunung berapi teraktif di Indonesia. Gunung ini berada dalam administrasi Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan sisanya berada dalam wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Kawasan hutan di sekitar puncaknya menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Merapi sejak tahun 2004. Gunung ini sangat berbahaya karena menurut catatan modern mengalami letusan setiap dua hingga lima tahun sekali dan dikelilingi oleh permukiman yang sangat padat.

Gunung Kelud
Sebuah gunung berapi yang tergolong aktif dan terletak di Provinsi Jawa Timur, di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang , kira-kira 27 km sebelah timur pusat Kota Kediri dengan ketinggian 1.731 mdpl. Sama seperti Gunung Merapi, Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Tercatat sejak tahun 1000 M, Kelud telah meletus lebih dari 30 kali, dengan letusan terbesar berkekuatan 5 Volcanic Explosivity Index (VEI), dan letusan terakhir Gunung Kelud terjadi pada tahun 2014.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.