PortalMadura.com

Inilah 3 Cara Tepat Cuci Bahan Jeans yang Perlu Anda Ketahui

  • Minggu, 16 Juli 2017 | 13:00
Inilah 3 Cara Tepat Cuci Bahan Jeans yang Perlu Anda Ketahui
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Mencuci pakaian bahan jeans atau denim menurut sebagian orang tidak perlu dicuci atau cukup masukan ke dalam plastik dan taruh di freezer semalaman agar kumannya mati. Lantas, pendapat mana yang benar?.

Charles V.Bergh, CEO Levi’s, mengatakan, bahwa ia tidak merekomendasikan mencuci bahan denim dengan mesin cuci. Salah satu alasannya adalah karena boros air.

“Rata-rata celana jeans membutuhkan 3.500 liter air untuk pencucian seminggu sekali selama dua tahun. Separuh dari jumlah air itu jika jeans dicuci dengan mesin cuci. Jumlahnya setara dengan 6.700 gelas air,” katanya.

Mencuci jeans dengan mesin cuci juga bisa mengubah bentuk, warna, dan karakter denim yang unik. Itu sebabnya banyak pecinta jeans yang memilih untuk tidak mencucinya paling tidak sampai 6 bulan setelah dibeli.

Sayangnya, jika tidak dicuci berbulan-bulan, bahkan sampai satu tahun seperti yang dilakukan Bergh, busana berbahan denim tentu bisa menimbulkan bau. Apalagi setelah sering dipakai, keringat, debu dan juga minyak bisa mengendap dan menimbulkan bau.

Sebenarnya, ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh pecinta bahan jeans ketika mencuci pakaiannya. Apa sajakah itu?.

Said Abdullah

Berikut tiga cara yang direkomendasikan untuk membersihkan bahan denim tanpa menggunakan mesin cuci atau dicuci dengan tangan:

Pakai Asam Cuka (Vinegar)
Walau sering digunakan sebagai pelengkap masakan, ternyata vinegar juga bisa dimanfaatkan sebagai detergen denim. Tambahkan setengah cangkir vinegar ke air dingin dan rendam denim sekitar setengah jam.

Berbeda dengan sabun yang akan membuat warna asli denim pudar, vinegar akan mempertahankan warna denim dan membersihkannya. Jangan khawatir dengan baunya karena aromanya akan hilang setelah denim kering.

Pakai Uap Air
Jangan pernah mencuci denim dengan air hangat karena bisa membuat bahan ini mengerut. Sebaiknya gunakan uap air. Jika Anda sering mandi menggunakan air hangat dari shower, gantungkan celana atau jaket denim Anda di kamar mandi sehingga uap airnya akan terserap. Cara ini akan membuat bahan denim tetap fresh sampai lama.

Angin-anginkan
Suhu tinggi bisa membuat denim mengerut, karena itu sangat tidak disarankan menaruh denim di mesin pengering. Sebaiknya gantung jeans di tempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan angin-anginkan. (kompas.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional