oleh

4 Kesalahan Memasak Nasi yang Remeh Tapi Sering Diabaikan

PortalMadura.Com – Memasak nasi merupakan kegiatan yang hampir tiap hari dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan makan keluarga. Sebenarnya kegiatan ini sangat mudah, apalagi jika menggunakan rice cooker. Namun terkadang, karena jenis beras yang berbeda sehingga tekstur nasi yang dimasak juga berbeda.

Oleh karena itu, seorang ibu harus sering bereksperimen untuk mengenal jenis beras yang akan dimasak. Sehingga tahu jenis beras mana yang suka air atau tidak. Dan tentu saja hasil yang didapat akan memuaskan atau dengan kata lain bisa mengurangi kesalahan. Karena ternyata masih ada banyak orang yang sering melakukan kesalahan memasak nasi. Penasaran?

Berikut ini ulasannya:

Memukul Rata Cara Memasak Nasi
Hal yang wajib diperhatikan yaitu adanya beragam jenis beras, ada yang suka air dan ada yang tidak, saat beras dimasak. Jika beras tidak suka dimasak dengan banyak air, cenderung lembek setelah matang.

Hal ini membuat tekstur cenderung hancur seperti bubur. Jika demikian, kurangi air saat memasak. Ada baiknya untuk sering bereksperimen dan lebih mengenal karakter beras.

Tergesa-gesa
Tidak jarang orang tergesa-gesa saat menanak nasi yakni tepat setelah lampu warmer menyala. Kemudian membuka rice cooker dan menciduk nasi. Padahal ketika itu, nasi belum begitu set. Proses ini masih memerlukan sekita 10 menit untuk mendapatkan tekstur nasi yang sempurna.

Baca Juga: Catat! Ini 4 Makanan Sehat yang Bisa Berubah Jadi Racun

Tidak Menambah Garam
Nasi matang memang enak dimakan begitu saja, namun akan terasa lebiih gurih ketika diberi sejumput garam saat memasak. Dapat pula menambahkan mentega atau margarin sebagai pengganti garam.

Memasak dengan Air Panas
Jika ingin memasak nasi yang pulen dan lembut, beras bisa dimasak dengan air panas atau mendidih. Cuci beras dan tempatkan di rice cooker, tuang air panas secukupnya, lalu masak hingga matang. Tak hanya mempercepat proses memasak tetapi juga mendapatkan nasi pulen dan lembut. (liputan6.com/Desy)



Dapatkan Aplikasi PortalMadura.com

aplikasi portal madura
spt tahuna
Loading...
Loading...