oleh

5 Cara Atur Waktu Bagi Wanita Super Sibuk

PortalMadura.Com – Bagi wanita yang memiliki segudang rutinitas dan aktivitas yang padat setiap harinya, tentu tak jarang bikin stres bukan? Bila tak pandai mengendalikan dan mengatur waktu dengan baik bisa saja terjebak dalam banyak “drama”. Pasti tidak nyaman bukan menjadi pribadi yang mudah tersinggung, bahkan terganggunya kondisi kesehatan tubuh dan pikiran.

Bagi wanita pekerja atau wanita karier, waktu 24 jam serasa tak akan pernah cukup bukan. Selalu ada saja hal-hal yang rasanya belum dilakukan dengan maksimal. Sehingga, waktu tidur dan istirahat pun jadi korban demi hal-hal yang tak bisa ditinggalkan.

Bila hal tersebut tak ingin terjadi atau tak mau terulang lagi, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar tak mudah stres.

Siapkan Jurnal atau Buku Agenda Khusus
Saat ini memang sudah ada aplikasi yang bisa membantu dan bisa dipakai untuk membuat jadwal harian. Tapi terkadang yang lebih efektif justru dengan bantuan buku jurnal atau buku agenda khusus yang bisa dicorat-coret setiap saat.

Anda bisa menuliskan prioritas dan hal-hal penting yang dilakukan secara harian, mingguan, hingga bulanan dengan lebih mudah. Untuk membagi prioritas bisa dengan bantuan kategori: tingkat kepentingan, tenggat waktu, tingkat kesulitan, dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan setiap hal. Bagi prioritas dengan lebih bijak agar Anda bisa lebih mudah mengatur waktu dan jadwal harian.

Singkirkan Benda-Benda Tak Penting
Cobalah sisihkan waktu lima menit untuk merapikan meja kerja. Singkirkan aneka benda atau barang yang sekiranya sudah tidak penting. Karena kalau di sekitar kita ada banyak tumpukan barang dan benda-benda yang sebenarnya sudah tak diperlukan lagi, fokus dan perhatian kita akan sangat mudah terganggu. Pikiran pun tak gampang “penuh” ketika menjalani rutinitas yang ada.

Baca Juga: Istri Siri Akan Laporkan Anggota DPRD Pamekasan Atas Pemalsuan Akun Medsos

Hindari Multitasking
Sebisa mungkin hindari mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan. Luangkan waktu untuk mengerjakan satu pekerjaan dalam satu waktu. Baru setelah itu bisa lanjut ke pekerjaan berikutnya pada rentang waktu yang berikutnya pula.

Setiap orang pastinya punya gaya dan cara berbeda dalam bekerja. Mungkin ada yang sudah terbiasa multitasking jadi merasa nyaman saja melakukan. Hanya saja bila Anda tidak ingin mudah merasa capek atau stres, sebaiknya hindari yang namanya multitasking. Bila terlalu dipaksakan mengerjakan banyak hal dalam satu waktu bersamaan, nantinya Anda malah makin cepat pusing sendiri.

Selalu Jadwalkan Jeda Khusus untuk Istirahat
Dalam membuat jadwal, sebaiknya selalu buat jeda untuk istirahat. Waktu makan dan istirahat yang cukup tetap perlu disisipkan di rutinitas. Saat memang sudah saatnya untuk istirahat makan siang, maka optimalkan waktu istirahat sebaik mungkin. Istirahat sangat penting dilakukan untuk mengisi ulang energi tubuh Anda.

Dahulukan yang Lebih Penting dan Mendesak
Pekerjaan yang statusnya penting dan mendesak perlu diselesaikan lebih dulu. Sementara pekerjaan atau tugas lain yang sekiranya masih bisa dikerjakan belakangan bisa ditunda terlebih dahulu. Bagi prioritas sebaik mungkin dan sebijak mungkin. Kenali batasan diri dan sadari bahwa tak semua hal bisa Anda kerjakan semuanya sekaligus. Kesibukan dan rutinitas yang padat perlu diseimbangkan dengan kemampuan mengatur prioritas yang lebih baik.

Membagi dan menagtur waktu di tengah kesibukan yang padat memang selalu jadi tantangan tersendiri. Tapi Anda bisa mengambil langkah-langkah sederhana untuk mengatasinya dan membuat hidup Anda jadi terasa lebih tertata dan terarah.

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur waktu agar tak terjadi drama dan mudah stres. Semoga Bermanfaat.


Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : fimela.com

Komentar