5 Faktor yang Berisiko Sebabkan Kanker Kulit

Avatar of PortalMadura.Com
5 Faktor yang Berisiko Sebabkan Kanker Kulit
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kulit merupakan organ terluar tubuh yang melindungi organ dalam dan sangat penting dalam menunjang penampilan. Oleh karena itu, sebagian besar orang merawat kulitnya dengan melakukan perawatan di rumah atau bahkan ke salon kecantikan.

Menjaga kesehatan kulit sangat penting, karena kulit menjadi salah satu bagian tubuh yang pertama bersentuhan dan langsung terpapar sinar matahari. Seperti diketahui, matahari tidak baik bagi kulit di waktu-waktu tertentu. Selain adanya sinar UV yang dapat merusak kulit juga menjadi penyebab kanker kulit. Berikut beberapa faktor dan gejala kanker kulit yang perlu diketahui:

Adanya Satu Bercak Kulit Terbakar Matahari
Ketika berlibur di pantai biasanya seseorang akan menghabiskan waktunya untuk berjemur dan menikmati hangatnya sinar matahari. Tanpa tersadar, berjemur terlalu lama menyebabkan kulit terpapar sinar matahari secara berlebihan dan menyebabkan beberapa titik tertentu terbakar matahari.

Berdasarkan penelitian di Melanoma Research Foundation mengungkapkan bahwa satu sengatan matahari tunggal saja dapat menyebabkan seseorang memiliki risiko tinggi terkena kanker kulit. Hal itu karena satu luka bakar matahari yang buruk sudah cukup untuk memicu perbanyakan sel kanker di kulit yang dapat menyebabkan kanker kulit. Oleh karena itu, sebaiknya gunakan tabir surya saat bepergian untuk melindungi kulit Anda.

Kulit Cerah
Ternyata terdapat studi yang mengungkapkan bahwa orang yang memiliki kulit cerah memiliki risiko yang lebih tinggi terkena kanker kulit dibandingkan orang dengan kulit gelap. Faktor tersebut dikarenakan orang yang memiliki kulit cerah memiliki kandungan melanin yang lebih sedikit. Sedangkan, kandungan melanin pada kulit berfungsi untuk melindungi dari radiasi sinar UV.

Orang yang Tinggal di Pegunungan
Kondisi geografis dimana seseorang tinggal memengaruhi risiko terkena kanker kulit. Seperti halnya orang yang tinggal di pegunungan. Hal itu dikarenakan dataran tinggi memiliki kondisi yang cukup dekat dan sering terpapar sinar matahari. Sehingga, sinar UV yang mungkin mengenai kulit pada orang di pegunungan lebih tinggi intensitasnya dibandingkan orang yang tinggal di dataran rendah.

Keturunan
Kanker kulit merupakan salah satu jenis kanker yang bisa memiliki penyebab terkait secara turun-temurun. Terdapat studi yang mengungkapkan bahwa bila seseorang memiliki kanker kulit, maka ada 50 persen kemungkinan keturunan dari orang tersebut akan terkena kanker kulit.

Sering Bepergian dengan Pesawat
Terdapat penelitian yang dilakukan oleh University of California bahwa orang yang sering bepergian dengan pesawat, seperti awak pesawat memiliki risiko terkena kanker kulit yang lebih tinggi. Hal itu dikarenakan sinar UV yang dipancarkan matahari jauh lebih dekat pada ketinggian yang tinggi.

Kesehatan kulit memang sangat penting. Karena kulit merupakan kemasan dari tubuh anda. Maka dari itu menjaganya agar tetap sehat dengan melakukan perawatan dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit kulit seperti kanker kulit ini. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.