Inilah 6 Cara Sederhana Agar Selalu Bahagia di Kantor

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 6 Cara Sederhana Agar Selalu Bahagia di Kantor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pada umumnya, kantor merupakan salah satu tempat yang menyenangkan sekaligus membosankan. Pasalnya, munculnya perasaan bahagia dan bosan itu juga seringkali bervariasi. Apalagi, berbagai masalah yang muncul di kantor memang seringkali membuat seseorang mengeluh dan putus asa.

Walhasil, keseharian Anda di kantor bisa menjadi suram, bahkan Anda malas untuk pergi ke kantor. Namun perlu Anda ketahui, bekerja itu tidaklah mudah. Terutama jika pekerjaan Anda tidak sesuai dengan harapan, begitu pula dengan besaran gajinya yang tidak besar-besar amat. Suka atau tidak suka, Anda tetap harus bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Terlebih lagi, kalau Anda telah berkeluarga dan memiliki anak, sudah pasti jumlah tanggungan akan semakin banyak. Maka dari itu, agar hari-hari di kantor dijalani dengan bahagia, Anda perlu mengubah kebiasaan sehari-hari Anda.

Berikut enam cara sederhana agar bahagia di kantor:

Jalani dengan Senyuman
Tersenyum memiliki sejuta manfaat dalam hidup. Apalagi ketika Anda ingin berangkat kerja. Selalu awali hari dengan senyuman agar aura positif selalu menyelimuti diri Anda. Dengan tersenyum, Anda juga akan lebih bahagia dan semangat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Walaupun pekerjaan menumpuk, deadline di mana-mana, tetap nikmati prosesnya dan tersenyumlah. Anda harus percaya kalau semuanya dapat dilewati dengan baik.

Tetap Fokus pada Pekerjaan
Berbagai masalah dan gangguan dari luar tentu saja dapat menghancurkan fokus Anda. Tentu ini tidak akan baik karena akan memengaruhi mood Anda selama di kantor nanti. Untuk itu, selalu fokus pada pekerjaan. Masalah yang ada di luar biarkan saja dulu, jangan sampai dibawa ke tempat kerja. Jika kegiatan di kantor telah selesai, barulah Anda bisa membahas masalah yang dari luar tadi.

Untuk menjaga agar Anda tetap fokus, jauhkan diri dari gadget. Karena pesan, panggilan masuk, ataupun email bisa jadi sumber masalah yang akan membuyarkan konsentrasi Anda selama di tempat kerja.

Berpikiran Positif
Jika terjadi masalah di kantor, entah itu karena deadline, usahakan untuk selalu berpikiran positif. Tebarkan aura positif kalau Anda dapat menyelesaikan semua pekerjaan sesuai deadline, bahkan lebih cepat.

Selain itu, Anda juga harus dapat membayangkan kalau apa yang dikerjakan akan menghasilkan yang terbaik. Dengan begitu, Anda akan semakin terpacu semangatnya untuk bekerja dan bekerja demi hasil yang terbaik. Deadline tentu bukan jadi masalah lagi kalau Anda selalu berpikiran positif.

Jauhi Perdebatan yang Tidak Perlu
Rekan Anda di kantor memiliki sifat yang berbeda antara yang satu dan yang lainnya. Ada yang pendiam, ada juga yang suka membuat keributan. Agar mood di kantor tetap terjaga, hindari untuk terlibat perdebatan yang tidak perlu dengan rekan yang suka cari masalah.

Jika Anda harus terlibat dalam suatu perdebatan di kantor, usahakan untuk mengontrol tingkat emosional. Daripada masalah semakin besar, lebih baik Anda diam dan mengalah.

Ingat, perdebatan tidak penting yang terjadi dengan rekan kerja tidak perlu diambil pusing. Anggap saja seperti angin berlalu agar bayang-bayang perdebatan tadi tidak menghantui Anda. Dengan demikian, aktivitas Anda di kantor akan tetap baik-baik saja.

Jangan Mudah Stres
Deadline ataupun perdebatan yang tidak perlu dengan teman kerja memang membuat Anda pusing. Belum lagi masalah di rumah yang membuat Anda kerap kali sedih dan tidak terjaga konsentrasinya.

Ingat, meskipun pekerjaan dan masalah datang silih berganti, usahakanlah agar Anda tidak terlalu frustasi memikirkannya. Anda harus selalu diselimuti aura positif seperti yang dijelaskan di atas agar semuanya dapat berjalan dengan lancar.

Jika Anda banyak pikiran dan stres, usahakanlah untuk tidak membawanya sampai ke tempat kerja. Apalagi kalau memasang raut muka yang masam. Hal ini akan membuat rekan kerja enggan untuk menyapa Anda.

Jalin Hubungan yang Baik
Baik atau buruknya hasil pekerjaan Anda dipengaruhi rekan kerja. Karena itu, Anda sebaiknya tetap membina hubungan yang baik dengan rekan di kantor. Untuk menjaga dan membina hubungan baik, Anda dan rekan dapat mengadakan hang out bersama sepulang kerja. Dengan demikian, Anda dan rekan kerja akan selalu merasa nyaman untuk berada dekat satu sama lainnya. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.