PortalMadura.com

Awas, Cemburu Berlebihan Pada Pasangan Sebabkan Penyakit Ini

  • Senin, 21 November 2016 | 09:00
Awas, Cemburu Berlebihan Pada Pasangan Sebabkan Penyakit Ini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Cemburu pada pasangan sebenarnya perasaan yang wajar, namun, hal ini bisa berakibat buruk jika berlebihan. Penting untuk diwaspadai, ternyata cemburu berlebihan tak hanya berpotensi mengurangi keharmonisan hubungan, tetapi juga berdampak buruk pada kesehatan. Perasaan cemas, moody, dan cemburu berlebihan akan berpengaruh terhadap kesehatan otak di masa mendatang. Terkait hal ini, alzheimer menjadi salah satu penyakit otak yang paling berpotensi terjadi.

Baru-baru ini, sebuah penelitian terbaru menunjukkan, orang-orang yang bermasalah dengan kecemasan, pemarah, moody, mudah terbakar cemburu, dan berbagai sifat lain yang terkait dengan kestabilan emosi pada usia 20 tahun memiliki risiko lebih tinggi terkena alzheimer di masa tuanya.

Studi dilakukan pada 800 perempuan di rentang usia 30 hingga 50 tahun. Studi ini memetakan perempuan berdasarkan sifat dan kepribadian, serta faktor stress di rumah dan di kantor. Dilakukan secara berkala setiap 5 tahun sekali, hasil yang signifikan terlihat ketika studi ini berakhir 38 tahun kemudian.

Kala itu, sebanyak 153 perempuan peserta penelitian didapati menderita penyakit otak, semisal demensia dan alzheimer. Mayoritas golongan ini diisi oleh mereka yang saat penelitian memiliki skor tinggi untuk sifat-sifat seperti pencemburu dan pemarah, atau yang lebih dikenal dengan istilah gangguan-gangguan neurotik. Risiko alzheimer akan semakin parah, ketika gangguan neurotik tadi ditunjang dengan sifat yangintrovert dan pemalu.

Meski setiap orang pasti pernah mengalami stress dan cemas, namun dua hal ini lebih berpotensi menimbulkan stress jangka panjang bagi mereka yang neurotik. Inilah mengapa risiko penyakit otak berupa alzheimer lebih membahayakan mereka. (perempuan.com/choir)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional