Bunda, Ini 5 Tips Jitu Ajarkan Buah Hati untuk Rajin Menabung

Avatar of PortalMadura.Com
Bunda, Ini 5 Tips Jitu Ajarkan Buah Hati untuk Rajin Menabung
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anak kecil memiliki kecenderungan menghabiskan uang jajan untuk membeli apapun yang dia suka. Hal ini memang tidak salah, namun jika dibiarkan, maka bisa saja anak terbiasa dengan kehidupan yang boros jika sudah dewasa.

Oleh karena itu, sangat penting orangtua mengajarkan anak menabung sejak dini agar dapat membentuk pribadi si kecil untuk tidak boros di kemudian hari. Tidak hanya mengajarkan anak untuk tidak boros, tapi juga mampu mengajarkan buah hati Anda untuk bertanggungjawab dan menghargai sesuatu yang dimiliki.

Berikut lima hal yang bisa Anda lakukan untuk mengajarkan si kecil gemar menabung:

Memberinya Pemahaman Mengenai Uang
Anda bisa memberikan si kecil pemahaman mengenai uang, perbedaan uang dari nominalnya, perbedaan mata uang dari jenisnya, dan manfaat dari uang itu sendiri. Anda juga bisa menjelaskan pada anak bahwa mencari uang itu harus dengan bekerja.

Jelaskan Manfaat Menabung
Saat anak sudah mulai mengerti uang, Anda sudah bisa mulai mengajarkannya untuk menabung. Anda bisa menjelaskan kepada si kecil jika ia menabung, maka ia akan bisa membeli mainan yang diinginkan.

Mengajarkan anak, bahwa saat ia ingin mendapatkan sesuatu ada hal yang harus dilakukan.

Memberi Anak Uang Saku
Jika anak sudah semakin besar, Anda bisa memberinya uang saku untuk sehari. Secara tidak langsung, Anda memberi batasan pada si kecil membeli sesuatu.

Cara seperti ini mampu mengajarkan anak untuk memilih sesuatu yang diinginkan dengan bijaksana dan sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Lalu jika ada sisa dari uang saku, perintahkan uang tersebut untuk ditabung.

Menabung Bersama
Anda tidak akan bisa memaksakan anak untuk menabung saat Anda tidak memberinya contoh. Pada dasarnya, seorang anak akan lebih mudah meniru apa yang orangtuanya lakukan.

Kalau Anda merasa sulit untuk mencari waktu mengajak anak ke bank, Anda bisa memberi contoh untuk menabung di celengan dulu.

Menyediakan Celengan di Rumah
Saat mengajarkan si kecil untuk menyisihkan uangnya ke dalam celengan, Anda bisa menyediakan celengan yang unik agar ia menjadi lebih semangat untuk menabung. Karena, celengan yang Anda berikan mampu menarik perhatiannya.

Jadi, tidak ada salahnya orangtua mengajarkan anak menabung sejak dini. Walaupun anak balita mungkin belum terlalu mengerti arti menabung, tapi setidaknya ia perlahan akan mengerti kalau kebiasaan baik adalah hal yang perlu untuk dilakukan. (motherandbaby.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.