Capai 40 Persen, Penderita Kusta Serang Anak-Anak di Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Capai 40 Persen, Penderita Kusta Serang Anak-Anak di Sumenep
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Penyakit Hansen atau Penyakit Morbus Hansen yang dahulu dikenal sebagai penyakit atau lepra mulai ditemukan kasusnya pada anak-anak.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, dr A Fatoni menjelaskan, pada tahun 2015 kasus kusta atau lepra ditemukan sebanyak 470 penderita.

“Dari jumlah itu, kita temukan 40 persen penderita anak-anak dan sisanya kalangan dewasa,” kata Fatoni, Minggu (1/5/2016).

Menurutnya, tahun ke tahun, kasus kusta mengalami penurunan. Tahun 2014 mencapai 514 penderita dan dipastikan pada tahun 2016 ini akan ada penurunan penderita.

“Upaya membasmi penyakit kusta terus kami lakukan dan ditingkatkan. Jadi, kami optimis tahun ini ada penurunan angka penderita kusta,” ujarnya tanpa menyebutkan jumlah penderita.

Ia pun berharap pada warga agar tidak segan untuk memeriksakan diri setiap keluhan yang diderita, termasuk kusta yang dapat menimpa anak-anak maupun kalangan dewasa.

“Silahkan berobat ke pusat kesehatan terdekat. Kusta itu bisa disembuhkan dan kewajiban kami untuk melayani,” pungkasnya.(Bahri/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.