PortalMadura.com

Layani ATR 72, Bandara Trunojoyo Sumenep Perlu Segerakan Pembebasan Lahan 5,18 Hektar

  • Kamis, 29 September 2016 | 11:35
Layani ATR 72, Bandara Trunojoyo Sumenep Perlu Segerakan Pembebasan Lahan 5,18 Hektar
Landasan Pacu
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Perpanjangan dan pelebaran Bandara Trunojoyo Sumenep, Madura, Jawa Timur sudah tuntas, namun untuk dimanfaatkan oleh pesawat jenis ATR 72 masih membutuhkan pembebasan lahan lagi seluas 5,18 hektar.

“Seluas 5,18 hektar itu berada disamping kanan dan kiri landasan pacu Bandara Trunojoyo. Itu harus segera dibebaskan,” ungkap Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Wahyu Siswoyo, Kamis (28/9/2016).

Kalau lahan seluas 5,18 hektar itu sudah dibebaskan, pengelola Bandara Tronojoyo bisa melakukan pemagaran agar tidak ada warga yang melintas atau masuk ke areal landasan pacu.

“Selama ini kami belum bisa melakukan pemagaran, karena lahan yang seharusnya menjadi lokasi pemasangan pagar masih belum dibebaskan, akibatnya banyak warga yang melintas,” tegasnya.

Pihaknya mengaku sudah melakukan komunikasi dengan Pemda soal pembebasan lahan tersebut. “Informasi terahir yang kami terima masih proses apraisal dan pengukuran lahan,” tambahnya.

Dana yang digunakan untuk penambahan fasilitas bandara tahun 2016 bersumber dari Kementerian Perhubungan sebesar Rp33,7 miliar. Dana tersebut untuk penggunaan perpanjangan dan pelebaran runway sebesar Rp25, 9 miliar, serta untuk pembuatan apron sebesar Rp7,8 miliar.

Sejak bulan Mei 2015, Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi salah satu bandara di Jawa Timur yang menjadi bagian dari jalur penerbangan pesawat perintis. Operator penerbangan perintis yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo Sumenep mulai Januari 2016 adalah PT Airfast Indonesia, dengan pesawat berkapasitas 15 penumpang.

Jadwal penerbangan perintis melalui Bandara Trunojoyo dengan rute Sumenep – Surabaya adalah hari Selasa dan Kamis, pukul 08.30 WIB dengan harga tiket Rp 249.700. Kemudian Surabaya – Sumenep pada Rabu dan Jumat pukul 10.50 WIB dengan harga tiket Rp 307.700. (arifin/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional