PortalMadura.com

Madura Berpotensi Kembangkan Agrowisata Buah Naga

  • Senin, 18 Juli 2016 | 08:10
Madura Berpotensi Kembangkan Agrowisata Buah Naga
Ist. Agrowisata buah naga Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Pulau Madura yang terdiri dari empat (4) kabupaten, yakni Bangkalan, Sampang, Pamekasan dan Sumenep, Jawa Timur mempunyai prospek bagus untuk mengembangkan Agrowisata Buah Naga.

Walaupun di Madura tanahnya gersang, namun lahan pertaniannya cocok untuk di inovasi. Misalnya, tanaman buah naga yang termasuk keluarga tanaman kaktus. Tanaman ini pun bisa hidup di pulau Madura yang beriklim tropis dan berkapur.

Kepala Desa Rombasan, Kecamatan Pragaan, Sumenep, Muhlis Hidayat, saat ini sukses membudidayakan buah asal meksiko itu, yang belajar dari koleganya dari Taiwan beberapa tahun lalu.

Keberadaan buah naga di Madura pun konon lebih manis, karena tanah Madura tergolong jenis Alufial atau golongan lempung dan berpasir yang menyimpan kapur dan zat besi banyak, sehingga rasa buah pun lebih manis dari pada di luar Madura.

Kapolres Sumenep

Khasiat buah naga untuk kesehatan juga sangat bagus, seperti penambah trombosit pasien demam berdara.

Muhlis Hidayat juga berinisiatif untuk mengembangkan agrowisata atau wisata pertanian yang ada di desanya.

“’Madura tidak boleh kalah dalam bidang pertanian dengan kota lain. Jika di luar Madura bisa kenapa di Madura tidak,” katanya, Senin (18/7/2016).

Melihat potensi yang cukup besar ini, ia ingin mengembangkan di empat kabupaten di Madura dan sebagian sudah dilaksanakan. Tanaman lain yang dinilai cocok yakni buah-buahan, seperti anggur dan kelengkeng.

“Potensi ini akan dikembangkan di Madura. Apalagi, berbagai macam jenis buah naga disajikan, seperti buah naga merah, ungu dan putih,” ujarnya.

Ia pun berharap, pihak pemerintah daerah dapat mendukung pengembangan agrowisata buah naga, terutama dalam fasilitas infrastruktur. (kiriman: Akmalul Azmi, Mahasiswa Ilmu Komunikasi-UTM/har)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional