Nikola Tesla, Master Cahaya dan Listrik

Avatar of PortalMadura.Com
Nikola Tesla, Master Cahaya dan Listrik
ilustrasi

PortalMadura.Com – Nikola Tesla dikenal sebagai master cahaya dan listrik. Karena beliau adalah ilmuwan listrik terbesar yang pernah hidup di dunia.

Nikola Tesla, lahir 10 Juli 1856 di Smiljan, Kroasia, meninggal diusianya yang ke 86 pada tanggal 7 Januari 1943 di kamar hotel, New York. Dia adalah seorang ilmuwan dan insinyur mekanik dan listrik. Ia dikenal sebagai salah satu ilmuwan terbesar dan paling misterius sekaligus revolusioner dibidang listrik dan magnet atau elektromagnet abad 19 dan abad ke-20.

Meskipun banyak dari penelitiannya diremehkan saat itu, nyatanya hingga hari ini dunia dipengaruhi penemuan mengagumkan dari Nikola Tesla.

Selama masa mudanya, ia mengalami banyak periode penyakit dan periode inspirasi mengejutkan. Dia sering memvisualisasikan penemuan mekanis dan teoritis secara spontan. Tesla memiliki kemampuan yang unik untuk memvisualisasikan gambar dalam kepalanya. Ketika bekerja pada proyek yang dikerjakan, ia jarang menuliskan rencana atau gambar skala, hanya bergantung pada gambar yang ada di benaknya.

Tesla adalah seorang mahasiswa brilian pada tahun 1875 yang belajar di politeknik Austria di Graz. Namun, ia meninggalkan perkuliahannya untuk mendapatkan pekerjaan di Marburg, Slovenia. Karena keterasingan dari keluarganya, ia menderita gangguan saraf. Dia kemudian terdaftar di Ferdinand Universitas Charles di Praha, tapi sekali lagi ia meninggalkan kuliahnya sebelum menyelesaikan gelarnya.

Tahun 1880 ia pindah ke Budapest dan bekerja untuk sebuah perusahaan telegraf. Selama itu, ia mengenal turbin kembar dan membantu mengembangkan perangkat amplifikasi yang dibutuhkan untuk menggunakan telepon.

Pada tahun 1882 ia pindah ke Paris, bekerja untuk Thomas Alfa Edison. Di sini ia telah meningkatkan berbagai perangkat yang digunakan oleh perusahaan Edison. Dia juga meneliti induksi motor dan perangkat yang digunakan untuk rotasi medan magnetik.

Berkat kecerdasannya, Tesla yang saat itu usianya menginjak 28 tahun,dikirim oleh Edison Amerika Serikat tahun 1884. Tesla diberi tugas untuk memperbaiki sistem generator listrik arus searah (DC = Dirrect Current). Tesla mengklaim bahwa ia menawarkan untuk kenaikan gaji 50.000 dollar jika ia secara signifikan dapat meningkatkan generator motor.

Namun, setelah menyelesaikan tugasnya, Tesla tidak menerima reward tersebut. Polemik antara Tesla dan Edison pun terjadi. Persaingan antara Tesla dan Thomas Edison terus berlanjut sehingga dirinya membangun perusahaan sendiri pada tahun 1886 namun belum sukses. Hingga di tahun-tahun selanjutnya ia banyak menemukan hal besar dan diakui dunia meski sering karyanya diambil orang lain.

Berikut adalah 10 penemuan terbesar Nikola Tesla yang mungkin belum kita ketahui dan telah mempengaruhi dunia saat ini:

1. Listrik Arus Bolak Balik (AC = Alternating Current)
2. Lampu
3. Tesla Coil
4. Radio
5. Remot Kontrol
6. X-Rays
7. Motor Listrik
8. Robotik
9. Laser
10. Wireless
(4muda.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.