Pancaroba, Penyakit Ispa Ancam Warga Sampang

Avatar of PortalMadura.Com
Pancaroba, Penyakit Ispa Ancam Warga Sampang
Dok. Kantor Dinkes Sampang

PortalMadura.Com, – Penyebaran penyakit Infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada saat perubahan cuaca tahun 2016 mulai mengancam kesehatan masyarakat Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinkes Sampang, Hanian Maria Faruk mengatakan, penyebaran penyakit Ispa pada saat musim pancaroba harus mulai diwaspadai oleh masyarakat.

Meski penyakit tersebut tidak begitu membahayakan, namun penyebaran penyakit mengakibatkan infeksi yang parah pada bagian sinus, tenggorokan, saluran udara, atau paru-paru, akan mengganggu kondisi kesehatan masyarakat.

“Sekarang sudah mulai memasuki kemarau basah, masyarakat harus mewaspadai penyakit Ispa, karena perubahan cuaca ini sangat mengancam kesehatan jika ketahanan tubuh tidak kuat,” katanya, Selasa (6/9/2016).

Ia berharap, warga yang terindikasi terkena penyakit Ispa, segera membawa langsung ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) atau Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sampang agar segera di obati.(lora/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.