PortalMadura.com

Penting! Ini 4 Gangguan Kesehatan yang Bisa Mengancam Pekerja Kantoran

  • Minggu, 10 September 2017 | 09:00
Penting! Ini 4 Gangguan Kesehatan yang Bisa Mengancam Pekerja Kantoran
Ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Banyak orang bermimpi agar memiliki pekerjaan yang ruangannya nyaman, duduk di depan komputer atau hanya sekadar bermain dengan bolpoin. Dengan kata lain, lebih banyak bekerja dengan menggunakan otak daripada otot.

Bahkan, sebagian dari mereka rela walaupun duduk di depan layar monitor hampir sekitar 8 jam dalam sehari. Sayangnya, banyak orang yang lupa bahwa menjadi pekerja kantoran tanpa disadari ternyata bisa berisiko terhadap beragam masalah kesehatan yang cukup serius.

Apa saja itu?. Ini beberapa bahaya kesehatan yang sangat berisiko pada pekerja kantoran:

Kesehatan Mata
Salah satu anggota tubuh yang akan sangat mudah mengalami masalah adalah kesehatan mata. Menatap layar komputer di waktu yang lama bisa membuat mata mudah lelah, mata kering hingga mata minus. Tidak hanya itu saja, menatap layar monitor terlalu lama bahkan dipercaya bisa meningkatkan risiko iritasi pada mata. Apalagi, jika jarak mata dengan layar mata tidak lebih dari 30 cm.

Obesitas
Bahaya kesehatan kedua yang sangat mengancam pekerja kantoran adalah obesitas. Terlalu banyak duduk, kurang gerak dan ngemil di meja kerja adalah penyebab utama dari obesitas. Belum lagi, ketika pekerja kantoran ini mengonsumsi banyak asupan makanan gurih dan manis selama bekerja.

Penyakit Persendian
Kebiasaan duduk yang sangat lama di kantor tidak jarang membuat kesehatan persendian terganggu. Terlebih lagi, ketika duduk di kantor ini tidak diimbangi dengan olahraga dan gerak tubuh cukup, pola makan yang tepat serta konsumsi air putih cukup.

Para ahli mengungkapkan jika posisi duduk yang kurang tepat bisa meningkatkan risiko berubahnya postur tubuh dan bengkoknya tulang belakang.

Diabetes
Karena sangat berisiko mengalami obesitas, risiko diabetes atau naiknya gula darah dan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh akan meningkat. Jika selama menjadi pekerja kantoran tidak memiliki pola hidup sehat dan olahraga cukup, risiko diabetes ini akan dua kali lipat lebih besar dari orang-orang yang bekerja di lapangan.

Itulah beberapa masalah kesehatan yang mengancam para pekerja kantoran. Selain masalah kesehatan di atas, masalah kesehatan lainnya yang juga mengancam adalah stres, depresi, serangan jantung hingga tekanan darah tinggi.

Agar terhindar dari masalah kesehatan di atas, sangat penting bagi para pekerja kantor untuk memiliki pola hidup sehat, pola makan sehat, olahraga cukup, istirahat cukup dan menghindari stres. Semoga informasi ini bermanfaat. (vemale.com/Putri)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional