PortalMadura.com

Segudang Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan

  • Kamis, 1 September 2016 | 09:00
Segudang Manfaat Bandotan Untuk Kesehatan
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Sangat sedikit sekali orang yang tau tentang tanaman bandotan. Padahal tanaman yang dianggap gulma ini kaya akan manfaat dan bisa dijadikan obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai jenis penyakit.

Berikut beberapa manfaat tumbuhan bandotan bagi kesehatan kita.

Sakit telinga tengah akibat radang
Cuci herbal bandotan segar secukupnya, lalu tumbuk sampai halus. Hasilnya, diperas dan disaring. Gunakan air perasan yang terkumpul untuk obat tetes telinga. Sehari 4 kali, setiap kali pengobatan sebanyak 2 tetes.

Luka berdarah, bisul, dan eksim
Cuci herbal bandotan segar secukupnya sampai bersih, lalu tumbuk sampai halus. Tempelkan ramuan ke bagian tubuh yang sakit, lalu balut dengan perban. Ganti balutan 3-4 kali dalam sehari. Lakukan pengobatan ini sampai sembuh.

Bisul dan borok
Cuci satu tumbuhan herbal bandotan segar sampai bersih. Tambahkan sekepal nasi basi dan seujung sendok teh garam, lalu giling sampai halus. Tempelkan ke tempat yang sakit, lalu balut dengan perban.

Rematik, bengkak karena keseleo
Sediakan satu genggam daun dan batang muda tumbuhan bandotan segar, satu kepal nasi basi. dan 1/2 sendok teh garam. Selanjutnya, cuci daun dan batang muda sampai bersih, lalu tumbuk bersama nasi dan garam. Setelah menjadi adonan seperti bubur kental tempelkan ramuan ke bagian sendi yang bengkak sambil dibalut. Biarkan selama 1-2 jam, lalu balutan dilepaskan. Lakukan perawatan seperti ini 2-3 kali sehari.

Perdarahan rahim, sariawan, bisul bengkak karena memar
Rebus 10-15 g herba bandotan dalam dua gelas air bersih sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum sekaligus. Lakukan 2-3 kali sehari.

Tumor rahim
Rebus 30-60 g herba bandotan kering segar atau 15-30 9 herba kering dalam tiga gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Selain direbus, herba segar dapat juga ditumbuk. Air rebusan atau air perasannya diminum satu gelas sehari.

Malaria, Influenza
Rebus 15-30 9 herba bandotan kering dalam dua gelas air sampai tersisa menjadi satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sekaligus. Lakukan dua kali sehari.

Nah, demikian bahasan kita mengenai manfaat tumbuhan bandotan bagi kesehatan kita. Selamat membaca dan selamat mencoba.
(detiklife.com/Diyah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional