PortalMadura.com

Sekda Sumenep Turun, Akhirnya Dua Warga Miskin Dapat Layanan Kesehatan Gratis

  • Rabu, 23 November 2016 | 18:02
Sekda Sumenep Turun, Akhirnya Dua Warga Miskin Dapat Layanan Kesehatan Gratis
Hadi Soetarto

PortalMadura.Com, Sumenep – Isrijeh (45) dan Suama (55), keduanya warga Dusun Talesek, Desa/Kecamatan Guluk-Guluk, Sumenep, Madura, Jawa Timur akhirnya mendapat layanan kesehatan gratis dari pemerintah daerah setelah Sekretaris Daerah Sumenep, Hadi Soetarto, turun tangan.

“Pak Sekda yang memberi keputusan, kalau kedua pasien itu mendapatkan fasilitas kesehatan gratis,”  kata Ketua Aktifis Gugus Anti Korupsi Indonesia (GAKI), Kabupaten Sumenep, Ahmad Farid, pada PortalMadura.Com, Rabu (23/11/2016).

Isrijeh (45) dan Suama (55) adalah warga yang mengantongi surat pernyataan miskin (SPM) yang ditandatangani kepala desa setempat, surat rujukan dari UPT Puskesmas Guluk-guluk, dan ber-KTP serta mempunyai KK.

Keduanya sempat ‘diusir’ oleh pihak Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Moh Anwar dari kamar pasien, Selasa (22/11/2016). Padahal, sudah dinyatakan siap untuk dilakukan operasi dengan penyakit yang dideritanya, yakni gondok di bagian leher.

Waktu itu, proses pengambilan sampel darah dan kepentingan medis lainnya sudah dilakukan. Keduanya dimintai uang sebesar Rp300 ribu oleh pihak rumah sakit.

Diinternal Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep juga tidak memberikan Rekomendasi SPM. Meski keduanya telah lengkap membawa dokumen sebagaimana mestinya.

“Tadi, Dinkes juga menolak untuk mengeluarkan rekomendasi. Saya berdebat dengan petugas Dinkes. Alasannya, ya gak masuk akal. Katanya, gak bisa mengeluarkan rekomendasi jika tidak ada perintah dari atasannya. Ini aneh kan?,” urainya.

Untungnya, sambung Farid, Sekretaris Daerah Sumenep, Hadi Soetarto masih mau mendengarkan masukan. “Seandainya bukan pak Sekda yang memerintahkan untuk mengeluarkan rekomendasi, Dinkes gak akan mengeluarkan rekomendasi itu. Saya gak paham, ada apa ini?. Betapa sulitnya warga miskin mendapatkan layanan kesehatan gratis,” tandasnya.

Kedua pasien tersebut diputuskan akan dioperasi, Kamis (24/11/2016). (Hartono)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional