Tingkatkan Swasembada Pangan, TNI Sumenep Tanam Padi Empago

Avatar of PortalMadura.Com
Tingkatkan Swasembada Pangan, TNI Sumenep Tanam Padi Empago
Tanam Padi

PortalMadura.Com, – Kodim 0827 Sumenep, Madura, Jawa Timur melakukan penanaman padi jenis Empago di Dusun Sanggaran Desa/Kecamatan Batuan Sumenep, Jumat (11/3/2016).

“Ini upaya khusus dalam rangka menstabilitas swasembada pangan, karena kebutuhan masyarakat terus meningkat,” kata Kasdim 0827 Sumenep, Mayor Inf Koekoh.

Ia menjelaskan, penanaman padi jenis Empago secara serentak tersebut merupakan hasil kerjasama Kementerian Pertanian Provinsi Jawa Timur dengan Kodim Sumenep dalamn program gerakan optimasi lahan kering untuk usaha tani padi mendukung swasembada Pajale.

“Ini juga sebagai upaya untuk memberikan motifasi kepada semua kelompok tani dengan harapan agar tetap selalu bekerja keras. Selain itu, bisa membantu meningkatkan komoditi pertanian dalam bidang pangan,” ujarnya.

Ia juga berharap kepada UPT. Pertanian Batuan, Sumenep serta para Babinsa agar aktif turun memantau perkembangan lahan produksi demi kesejahteraan semua Pok Tani dan pihak Kodim 0827 Sumenep akan terus mendukung program-program pertanian tersebut.

Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Jawa Timur (BPTP), Ir Tri Sudaryono, berharap, kepada semua penyuluh pertanian harus bisa bekerja sebaik baiknya untuk membantu para petani lahan kering seluas 1 hektar yang akan di tanami padi empago 5, dan empago 9.

“Nanti, juga bisa mendukung pelaksanaan tahap panen gabah yang selama ini harganya sangat anjlok,” katanya.

Sementara, Kadis Pertanian Prov. Jatim, Trio Eko Handoyo, menjelaskan, bahwa Peran dan UPT Pertanian, khususnya di Jatim sangat besar dan dituntut untuk berperan aktif di dalamnya.

“Target untuk Sumenep yang masih kurang sekitar 5 ribu hektar lahan kering. Untuk itu, kepada seluruh Pok Tani harus betul – betul bekerja dengan baik agar bisa memenuhi produksi tingkat nasional,” katanya.

Acara dilanjutkan penyerahaan sumbangan benih padi empago 5, empago 9, situpatenggang dan empari 4 sebanyak 40 kg  dan pupuk Organik 1 ton kepada Pok Tani Barokah Desa Batuan.(rls/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.