Wacanakan Sampah Plastik Jadi Kayu Bertulang

Avatar of PortalMadura.Com
Wacanakan Sampah Plastik Jadi Kayu Bertulang
dok. Sampah Plastik

PortalMadura.Com, – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan, Madura, Jawa Timur mewacanakan akan mengelola sampah plastik menjadi kayu bertulang sebagai bahan bangunan.

Bupati Pamekasan, Achmad Syafii mengatakan, sampah anorganik seperti plastik itu nanti tidak akan diangkut ke tempat pembuangan akhir (TPA), melainkan akan ditangani oleh perusahaan pengelola. Sehingga, pemilahan benar-benar steril.

“Kemarin ada yang presentasi kepada kami, bahwa sampah plastik itu akan dijadikan kayu bertulang. Dengan demikian, plastik-plastik itu tidak terbuang, tetapi ada nilai jual,” katanya, Selasa (14/4/2015).

Ia berjanji akan mengadakan pertemuan dengan instansi lain membahas persoalan itu, salah satunya dengan badan lingkungan hidup (BLH), Dinas Pekerjaan Umum Cipta Karya dan Tata Ruang (PU Cikatarung) dan sejumlah instansi lainnya.

“Sehingga masyarakat diharapkan bisa memilah terlebih dahulu antara sampah organik dan anorganik. Intinya, bagaimana memanfaatkan sampah ini agar berharga,” tandasnya.

Namun, mantan anggota DPR RI itu belum bisa memastikan kapan rencana itu akan terealisasi, mengingat hal itu hanya sekedar wacana berdasarkan presentasi yang diterimanya. (Marzukiy/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.