PortalMadura.com

4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Berkurban Bagi Anak Sejak Dini

  • Senin, 12 September 2016 | 07:00
4 Cara Sederhana Ajarkan Makna Berkurban Bagi Anak Sejak Dini
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hari Raya Idul Adha telah tiba. Umat Muslim merayakan hari kebesaran ini dengan mengurbankan kambing atau sapi untuk dibagikan pada orang-orang yang kurang mampu.

Advertisement

Nah inilah saatnya bagi Anda memperkenalkan arti berkurban pada si kecil. Berikut ini tiga hal yang bisa dibagikan kepada anak mengenai makna tentang berkurban di Hari Raya Idul Adha.

Mengajarkan Anak Berbagi

Sejak dini ajarkan anak Anda untuk berbagi. Ketika Anda melakukan sesuatu atau membeli sesuatu berikan penjelasan kepada anak anda bahwa sesuatu yang dia inginkan bisa saja Anda belikan seperti sepeda dan mainan, tetapi bekurban akan lebih baik.

Selain itu jika Anda bisa memberikan penjelasan tetang berbagi maka anak Anda tidak akan berpikir untuk membagikan sedikit kepunyaannya kepada oranglain. Bukan hanya berdampak saat kecil, namun anak akan membawa ajaran Anda sampai dia dewasa untuk selalu menunaikan perintah dari sang pencipta, salah satunya berkurban.

Ceritakan Tentang Kisah Nabi

Anak-anak adalah makhluk kecil yang mempunyai ingatan yang tajam sehingga apa saja yang anda ajarkan akan selalu meresap dan masuk dalam otak mereka. dan biasanya anak-anak mempunyai rasa ingn tahu yang menggebu.

Misalya menanyakan mengapa hewan yang bisa dikurbankan hanya sapi dan kmbing? Inilah saatnya untuk Anda menceritakan tentang kisah nabi ibrahim dan ismail.
Beri penjelasan pada anak anda bahwa terjadinya hari raya kurban diawali oleh nabi tersebut. Anak-anak sungguh senang dengan cerita yang berkaitan dengan kebaikan. Jadi janda bisa menceritakan kisah nabi, agar anak Anda lebih memahami ajaran agama dan kebaikan didalam islam.

Ungkapan Rasa Syukur Kepada Sang Pencipta

Jangan lupa untuk selalu mengajarka anak anda mengungkapkan rasa syukur kepada sang pencipta. Katakan kepada mereka bahwa setiap apa yang ada dibumi ini milik Allah, dan dariNya lah rizki dan kenikmatan itu datang. Sebab rizki dan nikmat itulah yang mendorong orang-orang yang mampu untuk berkurban. Dengan ajaran yangs seperti itu sejak dini kepada anak, Anda akan melihat anak tumbuh dengan pemahaman rasa syukur yang dalam.

Mengingat Haji

Idul Adha juga sering disebut dengan hari lebaran untuk para haji, karena pada saat yang sama umat Islam di dunia melaksanakan haji di Tanah Suci. Ajak anak-anak Anda ketika ada salah satu kerabat atau tetangga untuk mendengarkan cerita mereka saat berjalan di Safa dan Marwa, melempar jumroh dan lain sebagainya.

Itulah empat cara ajarkan kebaikan bekurban kepada anak. Tanamkan sejak dini nilai agama pada anak agar mereka selalu bersyukur darimana datang rizki dan nikmat tersebut. hal tersebut akan berguna dan bermanfaat baginya samai dia tumbuh dewasa. (bs/choir)

Advertisement
loading...
Advertisement
Iklan Murah
loading...

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional