PortalMadura.com

5 Kiat Membangun Perilaku Positif Pada Sang Buah Hati

  • Rabu, 14 September 2016 | 07:00
5 Kiat Membangun Perilaku Positif Pada Sang Buah Hati
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Menumbuhkan perilaku positif pada anak memang merupakan sebuah perjuangan yang tidak bisa dibilang mudah, karena kita hidup di era digital. Sehingga pola asuh yang tepat amat diperlukan supaya anak tumbuh menjadi pribadi matang ketika dewasa.

Bukan hanya cakap dari sisi akademis, namun sikap positif dan kepribadian yang matang memang merupakan kualitas yang mutlak diperlukan untuk mendukung kesuksesan seseorang dalam kehidupannya.

Berikut ini beberapa cara membangun prilaku positif pada anak sejak usia dini yang bisa diterapkan para orang tua:

Teladan Adalah Kunci Utama

Sikap dan perilaku orangtua menjadi cerminan bagi anak-anak. Secara tidak langsung anak-anak akan merekam dan mengawasi setiap perilaku yang dilakukan oleh orangtuanya. Maka dari itu, sebelum Anda menganjarkan perilaku positif pada anak maka sebaiknya berikan contoh yang baik terlebih dahulu. Dengan begitu maka anak-anak akan lebih mudah untuk memahami apa yang Anda maksud.

Pujian Untuk Anak

Jangan hanya memberikan kritikan ketika si kecil melakukan kesalahan saja. Namun sebaiknya Anda juga memberikan pujian untuk si kecil ketika melakukan suatu hal yang baik. Nah, dengan begitu maka akan terpacu untuk selalu berbuat baik. Tanpa disadari pujian kecil yang Anda lontarkan menjadi penyemangat bagi si kecil.

Said Abdullah

Tunjukan Perasaan Anda

Salah satu elemen penting dalam menumbuhkan sikap positif pada anak yaitu empati. Untuk membangun empati bisa Anda lakukan sejak dini. Salah satunya yaitu dengan berkata jujur tentang perasaan yang Anda rasakan dengan perilaku yang dilakukan oleh anak. Bila anak-anak selalu bertengkar maka Anda utarakan saja perasaan tidak senang Anda. Namun dengan nada dan cara penyampaian yang halus.

Menjadi Pendengar Yang Baik

Mendengarkan dengan baik menjadi salah satu kunci untuk berkomunikasi dengan baik antara orangtua dan anak. Hal ini juga akan membuat anak merasa dihargai dan diperhatikan. Dalam hal ini Anda bisa memberikan solusi atas apa yang dirasakan oleh anak sehingga secara tidak langsung kita mengerti dengan perasaan anak.

Tepati Janji

Setiap janji yang Anda utarakan pada anak sebaiknya ditepati. Nah, ini menjadi salah satu cara untuk menghormati serta mempercayai Anda sebagai orangtua. Bahkan secara tidak langsung perilaku ini akan ditiru oleh si kecil.

Menerapkan perilaku positif yang baik pada anak memang harus dilakukan secara bertahap dan hati-hati ya mom. Ingat, jangan terlalu memaksakan kehendak kita pada anak, namun arahkan dengan lembut melalui perilaku positif kita sendiri yang akan menjadi contoh pada sang buah hati. (solusisehatku.com/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional