PortalMadura.com

7 Cara Mengobati Penyakit Liver Paling Jitu

  • Jumat, 11 November 2016 | 09:00
7 Cara Mengobati Penyakit Liver Paling Jitu
ilustrasi

PortalMadura.Com – Penyakit liver atau yang sering disebut dengan penyakit hati ini merupakan salah satu penyakit yang menyerang sistem organ dalam tubuh. Penyakit ini juga merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan dapat berdampak pada organ sistem kekebalan tubuh.

Hal ini dikarenakan fungsi hati dalam menyaring darah tidak stabil dan menyebabkan sistem metabolisme dalam tubuh menjadi tidak terkendali. Ada baiknya Anda menerapkan beberapa cara mencegah penyakit liver berikut ini.

1. Membatasi cairan sodium
Cairan sodium mampu meningkatkan resistensi cairan serta menimbulkan pembengkakan jika dikonsumsi secara berlebih. Ketika Anda sudah berada di titik dimana liver mulai terserang penyakit, biasanya kemampuan darah untuk mempertahankan cairan akan berkurang. Hal tersebut disebabkan oleh sistesis protein yang menurun di dalam hati.

2. Bawang putih
Bawang putih memiliki banyak manfaat untuk kesehatan manusia dan salah satunya adalah kemampuan untuk mengaktifkan enzim di dalam hati yang nantinya berguna utuk membantu tubuh mengeluarkan racun. Selain itu, bawang putih juga mengandung senyawa selenium dan allicin yang mampu membantu pembersihan hati.

3. Jeruk bali
Jeruk bali sangat cocok digunakan sebagai cara mencegah penyakit liver. Anda hanya perlu mengonsumsi segelas air jeruk bali dan tubuh akan meningkatkan jumlah produksinya akan enzim detoksifikasi, sehingga proses flush atau pengeluaran racun serta karsinogen akan semakin meningkat.

4. Wortel
Wortel mengandung senyawa beta-karoten serta flavonoid yang mampu membantu tubuh merangsang serta meningkatkan fungsi liver secara keseluruhan.

5. Teh hijau
Teh hijau adalah minuman bagi hati Anda sejak masa silam. Kandungan antioksidan pada tanaman ini yang diberi nama catechin memiliki fungsi yang baik untuk membantu kinerja liver. Selain itu, teh hijau juga baik untuk diet Anda secara ke seluruhan.

6. Hindari lemak jenuh
Penyakit liver juga bisa saja menyebabkan fungsi empedu menjadi menurun. Ketika empedu memiliki kinerja yang melemah, maka tubuh akan sulit untuk menyerap lemak. Secara bersamaan, tubuh membutuhkan sedikit lemak sebagai cadangan energi.

7. Sayuran hijau
Anda bisa mengolah sayur menjadi jus, mengonsumsinya dalam keadaan masih mentah ataupun dimasak terlebih dahulu. Kandungan klorofil yang tinggi pada sayuran mampu menghisap racun di dalam aliran darah. Secara bersamaan, sayuran hijau mampu menetralisir logam berat, pestisida serta bahan kimia berbahaya lainnya, sehingga fungsi hati akan semakin kuat.

Demikianlah beberapa ulasan singkat mengenai cara mencegah penyakit liver yang bisa kami sampaikan. Semoga tulisan ini bisa menambah wawasan dan membawa manfaat bagi setiap orang yang telah membacanya. (hariansehat.com/diyah)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional