PortalMadura.com

Anak Anda Suka Berbohong? Ini 4 Cara Hentikannya

  • Senin, 20 Maret 2017 | 07:00
Anak Anda Suka Berbohong? Ini 4 Cara Hentikannya
ilustrasi (okezone.com)
Loading...

PortalMadura.Com – Mendidik anak yang suka berbohong seringkali membuat orangtua kewalahan. Apalagi jika berbohongnya tiada henti, hal ini tentu berdampak pada masa depan anak nantinya.

Kebiasaan buruk ini memang sangat sulit dihilangkan, namun jika tidak segera ditangani bisa dibawa hingga anak dewasa. Sebenarnya, ada beberapa alasan yang menyebabkan si kecil suka berbohong. Bisa karena orangtua terlalu tegas atau terkesan galak pada anak, sehingga mereka merasa takut apabila anak melakukan sebuah kesalahan. Selain itu, karena orangtua memberikan contoh yang salah kepada anak.

Lantas, apa yang harus orangtua lakukan agar anak berhenti berbohong?. Berikut ini empat caranya:

Hukuman tidak Berhasil
Hal ini lebih sering tidak berhasil dibanding berhasil. Anak-anak berbohong untuk menghindari konsekuensi dari tindakan mereka, yang sebagian besar adalah hukuman.

Beri anak ruang untuk datang dan mengaku, agar anak benar-benar merasa tidak perlu mengarang cerita.

Menghargai Kebenaran
Ketika anak Anda akhirnya mengumpulkan keberanian untuk mengatakan yang sebenarnya, pastikan Anda mengakui dan menghargai itu dengan mendengarkan tanpa menghakimi atau menyimpulkan.

Memecahkan Masalah Bersama-sama
Setelah anak Anda mengaku, duduk bersama untuk mencari solusi. Hal ini dapat memberi anak kepercayaan diri bahwa mereka tidak hanya bisa curhat dengan orangtua, tetapi Anda sebagai orangtua juga membantu mereka.

Biarkan Anak Membuat Pilihan
Mau menonton televisi atau pakaian yang akan dipakai, seringnya orangtua yang memutuskan. Sebaliknya, biarkan anak berbicara dalam hal ini, sehingga mereka tahu pendapat mereka juga dihormati. Ini akan menghindarkan anak berbohong.

Itulah empat cara menghentikan kebiasaan berbohong anak yang bisa orangtua terapkan. Didikan orangtua dapat menentukan masa depan si kecil. (liputan6.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional