PortalMadura.com

Awas! Sikap Negatif Orang Tua Cenderung Ditiru Oleh Anak dan Berbahaya Bagi Perkembangannya

  • Senin, 19 September 2016 | 07:00
Awas! Sikap Negatif Orang Tua Cenderung Ditiru Oleh Anak dan Berbahaya Bagi Perkembangannya
ilustrasi

PortalMadura.Com – Karakter seorang anak akan dibentuk melalui pendidikan karakter, salah satunya yaitu lingkungan keluarga. Anak akan mempelajari semua perilaku yang dilakukan oleh orangtua mereka.

Akan tetapi terkadang banyak orangtua yang tidak menyadari kalau mereka memberikan contoh dan perilaku yang tidak baik bagi anak. Maka dari itu, Anda sebagai orangtua harus memberikan contoh dan berperilaku yang baik di depan anak-anak supaya kelak anak akan tumbuh dengan kepribadian yang baik.

Berkata-kata kasar

Seperti yang kita ketahui kalau anak-anak belum bisa membedakan mana hal yang baik dan mana hal buruk. Anak-anak cenderung akan meniru setiap perkataan dan perbuatan yang dilihatnya tanpa membedakan baik atau buruk. Maka dari itu Anda sebagai orangtua harus menjaga setiap perkataan dan perbuatan ketika berada di lingkungan keluarga terutama di depan anak. Berikan contoh yang baik pada anak supaya anak tumbuh dengan kepribadian yang baik sehingga kelak akan menjadi orang yang berguna.

Kebiasaan berselisih dan bertengkar di depan anak-anak

Pada kebanyakan kasus, orangtua seringkali melakukan pertengkaran didepan anak-anak, entah itu masalah sepele ataupun masalah yang cukup serius. Kebiasaan tersebut biasanya dilakukan dan terjadi secara spontan sehingga terjadi pertengkaran yang disaksikan oleh anak.

Kebiasaan buruk bertengkar di depan anak-anak akan berdampak buruk terhadap perkembangan anak dan kebiasaan tersebut cebderung ditiru oleh anak. Selain itu, anak akan berpikiran kalau menyelesaikan permasalahan harus dengan cara kekerasan dan pertengkaran. Hal tersebut akan tertanam dalam pikiran anak sampai anak tumbuh dewasa sehingga anak akan tumbuh dengan kepribadian yang buruk dan cenderung melakukan kekerasan.

Sebagai orangtua hendaknya memberikan contoh yang baik dan pendidikan moral yang berkualitas supaya anak akan tumbuh menjadi orang yang berguna dan beretika.

Kebiasaan bersikap tidak konsisten

Setiap orangtua pasti mempunyai aturan dan batasan bagi anak-anaknya. Dalam membuat peraturan sebaiknya orangtua menanamkan sikap konsisten dan tidak plin plan. Apabila tidak bisa konsisten dan selalu merubah peraturan yang Anda buat sendiri maka hal ini akan memberikan kesan buruk bagi perkembangan anak. Kebiasaan membuat peraturan yang berubah-ubah akan membuat anak bingung dan menganggap semua peraturan yang dibuat bersifat tidak pasti. Kondisi seperti ini akan berdampak buruk bagi perkembangan anak sehingga kelak anak akan tumbuh menjadi pribadi ragu-ragu dan tidak mempunyai keberanian dalam mengambil setiap keputusan.

Itulah eberapa sikap negatif dari orangtua yang bisa mempengaruhi perkembangan kepribadian anak. Oleh karena itu, Anda sebagai orangtua sebaiknya menjauhi kebiasaan tersebut dan berperilaku yang terpuji supaya anak akan tumbuh menjadi pribadi yang beretika.(solusisehatku.com/choir)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
BAZNAS sumenep
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional