PortalMadura.com

Dinkes: Belum Ada Warga Sumenep Terjangkit Virus Zika

  • Rabu, 7 September 2016 | 16:13
Dinkes: Belum Ada Warga Sumenep Terjangkit Virus Zika
dok. dr Fatoni
Loading...

PortalMadura.Com, Sumenep – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur belum menemukan warga yang terjangkit virus zika. Namun, pihaknya meminta warga agar tetap waspada.

“Selama ini memang belum ditemukan warga yang terkena virus zika, tapi kapan pun virus itu bisa menyerang siapapun, makanya tetap harus waspada,” ungkap kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr Fatoni, Rabu (7/9/2016).

Selaku penanggung jawab masalah kesehatan masyarakat, Dinkes telah menyiapkan ruangan khusus bagi penderita virus zika tersebut.

“Kami sudah siapkan ruangan isolasi bagi penderita penyakit zika. Ruangan khusus itu berada dimasing-masing Puskesmas yang ada di daratan dan kepulauan,” katanya.

Selain di masing-masing Puskesmas, pihaknya juga telah menyiapkan ruangan khusus di pelabuhan Kalianget. Karena penyakit zika mudah menular dan sangat berbahaya terutama bagi ibu hamil.

“Kami juga telah melakukan pelatihan-pelatihan bagaimana cara menangani virus zika, termasuk menyiapkan obat-obatnya,” tuturnya.

Ia menegaskan, virus zika merupakan penyakit yang berasal dari gigitan nyamuk Aedes aegypt. Gejalanya, kondisi korban panas, lemes, mual-mual dan pusing. “Kalau ada warga yang gejalanya seperti itu secepatnya harus diatasi,” tukasnya. (arifin/choir)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional