PortalMadura.com

Inilah 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri

  • Sabtu, 5 November 2016 | 07:00
Inilah 7 Cara Mudah Mencintai Diri Sendiri
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang mengerti apa artinya mencintai orang lain dan mampu mengenali perasaan-perasaan yang muncul. Selama ini, kita sudah melewati perjalanan panjang untuk belajar dengan baik cara mencintai orang lain. Akan tetapi, bagaimana dengan kemampuan kita mencintai diri sendiri?

Kemampuan mencintai diri sendiri adalah gabungan dari penerimaan diri, penguasaan diri (berbeda dengan obsesi diri), kesadaran diri, kebaikan hati, dan rasa hormat pada diri sendiri. Karena itu, memahami bagaimana mencintai diri sendiri dapat membantu Anda mengatasi kegagalan dan membangun kembali kepercayaan diri Anda, dan menikmati kehidupan yang lebih baik.

Untuk mencintai diri sendiri Anda bisa lakukan 7 cara di bawah ini.

Selalu tanamkan sikap sadar diri. Orang yang mencintai diri nih, cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan inginkan. Mereka menyadari seperti apa dirinya, dan selalu bertindak bermodalkan pengetahuan itu. Dan mereka bertindak bukan karena orang lain nih.

1. Selalu tanamkan sikap sadar diri. Orang yang mencintai diri nih pulsker, cenderung lebih memahami apa yang mereka pikir, rasa dan inginkan. Mereka menyadari seperti apa dirinya, dan selalu bertindak bermodalkan pengetahuan itu. Dan mereka bertindak bukan karena orang lain nih.

2. Bertindaklah berdasarkan kebutuhan pada diri kita, bukan karena keinginan. Hal ini sangat penting untuk kita pulsker. Karena dengan kita tetap fokus pada apa yang kita butuhkan, kita dapat meninggalkan perilaku yang membuat kita semakin boros. Ambil saja contoh saat belanja, belanjalah barang-barang apa yang kita butuhkan dan itu menjadi prioritas utama kita.

Bertindaklah berdasarkan kebutuhan pada diri kita, bukan karena keinginan. Hal ini sangat penting untuk kita pulsker. Karena dengan kita tetap fokus pada apa yang kita butuhkan, kita dapat meninggalkan perilaku yang membuat kita semakin boros. Ambil saja contoh saat belanja, belanjalah barang-barang apa yang kita butuhkan dan itu menjadi prioritas utama kita.

3. Yang tak kalah penting adalah rawatlah diri kita dengan baik. Lakukan hal ini setiap hari agar kalian lebih menyadari bahwa diri kita sangatlah berharga. Seperti melakukan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan memelihara kedekatan dengan orang yang kita kenal dan sayangi. Serta tingkatkan interaksi sosial dengan orang-orang sekitar kalian.

Yang tak kalah penting adalah rawatlah diri kita dengan baik. Lakukan hal ini setiap hari agar kalian lebih menyadari bahwa diri kita sangatlah berharga pulsker. Seperti melakukan pola hidup sehat, menjaga kebersihan dan memelihara kedekatan dengan orang yang kita kenal dan sayangi. Serta tingkatkan interaksi sosial dengan orang-orang sekitar kalian.

4. Menetapkan batas diri kita sendiri juga menjadi hal penting juga nih pulsker. Buatlah analisa tentang masalah dalam diri kalian, temukan jawaban dari masalah itu. Saat menentukan jawaban untuk masalah kita ada baiknya tentukan batasan diri kita. Sejauh mana kita bisa melakukan hal yang kita akan hadapi. Dan jangan terlalu memaksakan diri ya.

Menetapkan batas diri kita sendiri juga menjadi hal penting juga nih. Buatlah analisa tentang masalah dalam diri kalian, temukan jawaban dari masalah itu. Saat menentukan jawaban untuk masalah kita ada baiknya tentukan batasan diri kita. Sejauh mana kita bisa melakukan hal yang kita akan hadapi. Dan jangan terlalu memaksakan diri ya pulsker.

5. Langkah berikutnya adalah lindungilah diri kalian. Kita tidak salah untuk berteman dengan siapa saja pulsker, namun ada kalanya juga kalian harus selektif memilih teman yang baik kita. Bawalah mereka yang tepat ke lingkaran kehidupan kita, karena terkadang tidak jarang banyak orang-orang dekat disekitar kita justru malah menikung dari apa yang kita pikirkan.

Langkah berikutnya adalah lindungilah diri kalian. Kita tidak salah untuk berteman dengan siapa saja pulsker, namun ada kalanya juga kalian harus selektif memilih teman yang baik kita. Bawalah mereka yang tepat ke lingkaran kehidupan kita, karena terkadang tidak jarang banyak orang-orang dekat disekitar kita justru malah menikung dari apa yang kita pikirkan.

6. Senantiasalah untuk memafkan diri sendiri, itu juga penting. Memaafkan bukan hanya untuk orang lain saja tapi penting untuk diri sendiri juga. Memaafkan juga berarti kita menerima kegagalan dalam usaha kita. Tidak ada namanya kegagalan jika kita terus berusaha memperbaiki kesalahan.

Senantiasalah untuk memafkan diri sendiri, itu juga penting. Memaafkan bukan hanya untuk orang lain saja tapi penting untuk diri sendiri juga. Memaafkan juga berarti kita menerima kegagalan dalam usaha kita. Tidak ada namanya kegagalan jika kita terus berusaha memperbaiki kesalahan.

7. Yang terakhir adalah hiduplah dengan sengaja. Mungkin kalian bingung dengan maksud kalimat ini. Maksudnya adalah kita akan menerima diri sendiri jika kita hidup dan bertindak dengan tujuan yang drencanakan. Misalnya, jika tujuan kalian ingin hidup sehat maka mulailah untuk melakukan pola hidup sehat seperti olahraga teratur.

Nah, jadi itu dia 7 cara yang membuat Anda mencintai diri sendiri. Ada baiknya jika Anda mencoba dan rasakan manfaatnya. (pulsk.com/choir)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional