Kontrol Gairah Bercinta Pada Remaja, Ini Yang Harus Orang Tua Lakukan!

Avatar of PortalMadura.Com
Kontrol Gairah Bercinta Pada Remaja, Ini Yang Harus Orang Tua Lakukan!
Ist.Net

PortalMadura.Com – Dorongan seksual adalah hal yang alami dimiliki oleh setiap manusia, baik perempuan maupun laki-laki. Saat memasuki pubertas, produksi hormon-hormon dalam tubuh memicu munculnya dorongan seksual tersebut. Seperti yang kita ketahui ketika pria mengalami mimpi basah dan remaja wanita mengalami menstruasi otomatis hormon-hormonnya bekerja secara optimal.

Kematangan organ reproduksi merupakan salah hal yang menyertai pubertas. Akibatnya mulai muncul dorongan untuk bereproduksi atau dorongan seksual. Namun karena jiwanya masih labil seperti halnya anak-anak, pubertas dini berisiko memicu remaja terjerumus dalam perilaku seks yang tak aman.

Untuk itu, kita sebagai orang tua harus bijak dalam mengatasi masalah tersebut. Berikut beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengontrol gairah bercinta pada remaja.

1. Mengalihkan ketertarikan kepada lawan jenis dengan berbagai macam kegiatan-kegiatan yang positif. Yang berkaitan dengan keagamaan, kebaktian, kegiatan olahraga, musik, membaca ataupun hobi sehingga membuat energi dan pikirannya dipenuhi oleh hal-hal yang produktif.

2. Orang tua harus bersiap memberikan penjelasan tentang seksualitas kepada anak remajanya. Karena di usia remaja sangat rentan terhadap godaan-godaan terutama dalam melakukan hubunga seksual dan bahaya-bahayanya. Pengetahuan-pengetahuan itu sangat diperlukan, sehingga gairah itu dapat terkontrol dengan baik.

3. Memisahkan tempat tidur anak, sebaiknya para orang tua memisahkan tempat tidur anak.  Terlebih ketika anak berbeda jenis kelamin.  Menyatukan tempat tidur anak yang berbeda jenis kelamin akan bisa menyebabkan terjadinya ‘seks' bebas.  Ketika anak sudah baligh maka siapkanlah kamar-kamar tersendiri.

4. Mengajarkan anak menundukkan pandangan. Anak-anak yang sudah mulai baligh atau dewasa harus dikenalkan adab ini.  Tujuannya adalah agar anak tidak mengumbar hasratnya. ‘Seks' bebas bisa terjadi karena berawal dari pandangan yang tidak ditahan. Jangan berlebihan dalam memandang lawan jenis.

5. Membiasakan anak untuk masuk dengan ijin baik itu ke kamar orang tuanya ataupun kamar saudaranya merupakan langkah yang baik untuk mendidik anak agar anak memiliki adab yang baik.  Meskipun kita sebagai orang tua, anak ketika masuk ke kamar harus tetap minta ijin.  Hal ini akan mendidik anak bahwa sesuatu yang bukan haknya harus meminta ijin terlebih dahulu.

Dalam hal ini peran orang tua sangat penting bagi remaja. Untuk itu, kita sebagai orang tua harus berupaya lebih keras dalam menghadapi tantangan yang lebih besar tentang masalah remaja.(al-maghribicendekia.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.