PortalMadura.com

Peran Pendampingan Babinsa Koramil, 6 Warga Batuputih Dapat Operasi Katarak Gratis

  • Selasa, 22 November 2016 | 19:51
Peran Pendampingan Babinsa Koramil, 6 Warga Batuputih Dapat Operasi Katarak Gratis
Ist. Operasi Katarak

PortalMadura.Com, Sumenep – Enam warga Desa Bula’an, Kecamatan Batuputih, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur mendapatkan fasilitas operasi katarak gratis di Rumah Sakit Surabaya.

“Awalnya ada delapan warga yang diajukan, namun yang dinyakan positif hanya enam orang. Program ini dipelopori oleh Kodam V/ Brawijaya,” terang Danramil 0827/15  Batuputih, Sumenep, Lettu Arh Catur Heriwibowo, pada PortalMadura.Com, Selasa (22/11/2016).

Warga yang mendapatkan layanan gratis itu, melalui tiga tahap. Pertama, pasien dilakukan pemeriksaan awal-screening (21/11), baru kemudian dinyatakan positif (22/11). “Lalu, dilakukan operasi oleh tenaga ahli dari Korea yang dijadwalkan 23 November,” katanya.

Selama proses tersebut, Babinsa Koramil Batuputih, Moh Soleh siap bertanggung jawab sepenuhnya untuk pendampingan pasien, baik sebelum atau selama maupun sesudah operasi. “Hal ini merupakan salah satu bentuk pengabdian terhadap masyarakat,” ujarnya.

Ia menjelaskan, operasi gratis tersebut, bukan sekali ini, namun sudah yang kedua kalinya. Yang pertama, operasi pasien katarak dari warga Batuputih berhasil dan sekarang bisa melihat. Misalnya, salah satu pasien katarak, Musafak. Ia selama 7 tahun tidak bisa melihat, namun berkat bantuan operasi katarak sudah bisa melihat kembali.

“Kegiatan itu, Alhamdulillah mendapat dukungan, dorongan serta motivasi dari berbagai pihak. Baik Forpimka maupun aparat desa,” pungkasnya.(Hartono)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional