PortalMadura.com

Supaya Lebih Dekat dengan Si Buah Hati, Lakukanlah Kebiasaan Ini Moms

  • Kamis, 13 Oktober 2016 | 07:00
Supaya Lebih Dekat dengan Si Buah Hati, Lakukanlah Kebiasaan Ini Moms
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai orang tua tentunya kita harus selalu dekat dengan sang buah hati. Dengan cara mengakrabkan diri bersama anak-anak dengan membangun kebiasaan-kebiasaan baik sejak dini agar bisa terbawa sampai ia dewasa nanti.

Advertisement

Ada 10 macam kebiasaan baik yang bisa dikembangkan oleh orang tua untuk anak-anak guna mendukung keakraban dengan mereka. Apa saja?

1. Makan malam bersama dapat membangun kedekatan orang tua dan anak
Keberhasilan dalam mendidik anak adalah ketika orang tua memiliki waktu untuk bertatap muka dengan anak-anaknya. Luangkanlah waktu untuk makan malam atau makan siang bersama dengan anak Anda. Berbicara dengan anak secara tatap muka lebih efektif dibanding komunikasi melalui telepon, sms atau media sosial. Biarkan anak nyaman ketika mengobrol dengan Anda, tentang kegiatan mereka sehari-harinya.

2. Jauhkan segala gadget dari meja dan ketika anda mengemudi
Memang tidak dapat dipungkiri kalau gadget sudah menjadi bagian penting bagi kehidupan manusia modern saat ini. Sebagai orang tua tanpa disadari, Anda lebih mengutamakan smartphone daripada mengobrol atau mendengarkan anak-anak Anda bercerita tentang kehidupannya. Sebaiknya manfaatkan waktu Anada selagi sempat untuk bercakap-cakap dengan anak.

3. Atur jadwal untuk mengobrol banyak tentang kehidupan anak di sekolah
Pada saat anak-anak sudah beranjak remaja, Anda akan kesulitan untuk mendapatkan perhatian dari mereka. Karena mereka mulai sibuk dengan kegiatan-kegiatannya, mulai dari kegiatan sekolah, les, ekstrakulikuler dan sebagainya. Oleh karena itu bangun kedekatan hubungan komunikasi setiap hari secara konsisten baik melalui telepon, e-mail, dan lain-lain. Buat jadwal satu hari dalam seminggu supaya ia bisa lebih banyak bercerita pada Anda.

4. Pelukan dapat mempererat hubungan orang tua dengan anak
Seorang psikoterapis Virginia Satir mengatakan bahwa seseorang setidaknya membutuhkan 4 pelukan sehari untuk mempertahan hidup”, 8 pelukan perhari untuk pemeliharaan, dan 12 pelukan sehari untuk tumbuh. Jaga selalu kontak fisik dengan anak supaya mereka selalu merasa diperhatikan dan diakui. Ada banyak cara bagi para remaja untuk tumbuh.

5. Berkembangnya teknologi membuat anda harus terbiasa dengannya
Anda harus beradaptasi terhadap teknologi-teknologi canggih yang beresiko agar tidak ketinggalan dengan dunia anak-anak yang terbaru. Anda mungkin tidak mengetahui si buah hati sedang menggunakan aplikasi apa saja di ponselnya. Buat itu menjadi jalan agar Anda akrab dengan si buah hati dan bila perlu minta anak untuk mengajarikan Anda cara menggunakan aplikasi tersebut.

6. Dekatkan diri anda dengan teman-teman anak anda cara lain untuk mengetahui kesehariannya
Jangan membatasi pergaulan anak Anda, karena Anda justru akan jauh dengan anak Anda yang akan beranjak remaja. Cara lain yang bisa Anda lakukan yaitu mendekatkan diri dengan teman-temannya untuk mengetahui kesehariannya adalah kunci untuk dapat selalu mengawasi kegiatan mereka sehari-hari.

7. Mengetahui apa yang disukai anak untuk mengetahui sifatnya
Orang tua harus selalu mengerti apa yang anak-anak sukai untuk membangun keakraban yang lebih dekat, karena anak akan merasa ia punya tempat yang tepat untuk membagikan suka dukanya.

8. Memiliki hobi yang sama dapat menjalin hubungan yang kuat dengan anak
Saat anak masih kecil, Anda mengarahkannya pada suatu hobi yang bermanfaat. Ini akan beguna ketika ia memasuki masa remaja, karena hobi itu akan berlanjut hingga ia remaja nanti.

9. Mengobrol dengan mereka sebelum tidur dan setelah bangun merupakan cara yang tepat untuk memerhatikan mereka
Sebelum tidur Anda dapat mengajaknya mengobrol beberapa menit atau membacakannya cerita, karena ini adalah cara memperhatikan anak dengan baik. Di saat intim seperti inilah anak akan selalu merasa diperhatikan dan disayang oleh orang tuanya. Anak-anak yang sering dikunjungi saat ingin tidur dan bangun tidur akan menganggap Anda orang yang spesial di hatinya.

10. Biarkan anak gagal untuk bangkit lagi menuju kesuksesan adalah cara didik yang baik
Beban yang akan Anda rasakan saat menjadi orang tua biasanya adalah bagaimana caranya membuat anak-anak sukses dan bertahan dalam kehidupan. Langkah yang tepat dan baik untuk mendidik anak adalah dengan cara melatih anak agar mau berjuang sendiri meraih apa yang mereka inginkan dan membiarkan mereka gagal untuk meraih kesuksesan. Dibandingkan harus selalu membantunya dalam mencapai mimpinya, karena hal itu akan menjadikannya manusia yang tidak mandiri. (sayangianak.com/choir)

Advertisement
loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional