PortalMadura.com

Yuk, Kenali 5 Ciri Kepribadian Orang Sukses

  • Selasa, 11 Juli 2017 | 07:00
Yuk, Kenali 5 Ciri Kepribadian Orang Sukses
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Semua orang pasti ingin sukses dalam segala hal, seperti dalam urusan pekerjaan. Biasanya, kesuksesan di ukur dari segi penghasilan, tempat kerja dan lain sebagainya.

Namun, ada sebagian orang yang merasa tidak sukses dalam pekerjaannya. Kemungkinan orang tersebut tidak mempunyai hal istimewa dan ciri kepribadian yang tertanam dalam diri sesama orang-orang yang berhasil.

Nah, bagi Anda yang ingin tahu ciri-ciri kepribadian yang ada pada orang-orang sukses, simak berikut ini:

Bersemangat (Passionate)
Para pemimpin yang sukses berdedikasi kepada keahlian mereka dan giat secara aktif menuju tujuan-tujuan mereka, entah itu berupa deadline, pengukuran (benchmark), atau menangani proyek di luar pekerjaan.

Mengenai pekerjaan, mereka tidak memiliki cara pikir yang sempit yaitu sekadar melakukan tugas yang diminta dan kemudian pulang.

Mereka berpikir lebih besar lagi, misalnya cara bagaimana suatu sistem bisa menjadi lebih baik, jenis produk baru yang diperlukan dunia, bagaimana caranya meningkatkan moral, dan hubungan-hubungan apa yang bisa dibuat.

Biasanya orang tersebut tidak berkeberatan datang lebih awal, tinggal lebih lama atau melakukan sedikit kerja ekstra di sana dan sini agar bisa memberi lebih. Tapi mereka tidak membiarkan pekerjaan mengendalikan hidup karena keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan penting bagi mereka.

Lapar akan Pengetahuan
Secara harafiah, mereka merasa ada yang tidak cukup berkaitan dengan pembelajaran terkait tugas dan bidang yang sedang digeluti. Jadi, mereka terus memburu informasi baru tentang bidang yang terus berkembang.

Penajaman kemampuan-kemampuan membantu mereka tetap kompetitif dalam karier masing-masing.

Percaya Diri Menghadapi Badai
Ketenangan diri merupakan pelatihan, bukan sekadar ciri kepribadian, bahkan bagi orang yang paling tenang di antara mereka.

Tapi hal itu layak dilatih karena seseorang yang menganggap setiap masalah sepele sebagai akhir dunia akan melelahkan bagi tim, manajer, dan dirinya sendiri.

Memberi Motivasi kepada Sekitar
Kegigihan jelas menular dan sukses bisa juga menular. Orang-orang yang sukses sadar bahwa hal itu berlaku dua arah karena tidak ada orang yang melakukan apapun secara sendirian.

Demikian juga dengan manfaat ketika orang-orang di sekitar juga ikut ‘menyala’. Mereka adalah pemberi motivasi yang hebat walaupun tidak perlu menjadi karismatik.

Kepribadian Super
Ilmu sosial terus berkembang, sehingga Anda mungkin belum mengetahui mengapa semua terjadi demikian, tapi secara khusus ada ciri kepribadian yang dikenal sebagai “The Big Five” yang amat lazim ditemukan dalam diri orang-orang sukses.

Melalui Harvard Business Review, Eben Harrell menjelaskan tentang apa yang dimaksud dengan “The Big Five” atau “The Five-Factor Model“.

Harrell menuliskan, “Yang sering disebut ‘Big Five’, model 5-faktor itu, adalah seperangkat ciri kepribadian yang didapat dari penelitian secara statistik terhadap kata-kata yang lazim dipakai untuk menjelaskan ciri psikologis lintas budaya dan bahasa.”

“Kategori-kategori itu adalah keterbukaan untuk mengalami sesuatu, kecermatan (conscientiousness), ekstroversi, kemampuan bersepakat (agreeableness), dan neurotisisme.”

Tidak heran jika kemampuan kepemimpinan dan sukses memiliki korelasi dengan hampir semua yang ada dalam “Big Five” tersebut.

Sebagai catatan, ada beberapa uji daring (online) tentang “Big Five” yang tersedia bukan untuk tujuan ilmiah, tapi dapat sekedar membantu kita mengerti apa yang dimaksud.

Memang benar masih ada perdebatan tentang sejauh mana Big Five ini dapat diterapkan pada semua orang, tapi ciri kepribadian itu jelas memiliki dampak dalam unjuk kerja di tempat pekerjaan.

Tapi jangan berkecil hati jika Anda tidak memiliki semuanya, karena ada karakteristik-karakteristik lain yang membantu Anda untuk juga bersinar di tempat pekerjaan.

Misalnya, seorang yang introvert tidak perlu mengubah kepribadian mereka dan berpura-pura esktrovert hanya demi kemajuan. Mereka hanya perlu sedikit membuka diri sambil tetap menjaga waktu krusial sendiri. Tetap harus dilakukan seseorang adalah untuk terus-menerus memoles kekuatan-kekuatan yang ada dalam diri. (liputan6.com/Desy)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional