PortalMadura.com

Cara Ampuh Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah

  • Selasa, 13 Januari 2015 | 07:23
Cara Ampuh Atasi Bibir Kering dan Pecah-pecah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu pernah mengalami keluhan saat bibir kering dan pecah-pecah yang membuat seseorang kurang percaya diri. Bibir lembut dan merah merona tentu menjadi impian banyak orang baik pria maupun wanita, karena bibir membantu meningkatkan nilai estetika pada diri seseorang.

Sebelum Anda mengetahui cara ampuh mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, terlebih dahulu Anda perlu mengetahui apa saja penyebab bibir kering tersebut, sehingga akan memudahkan Anda melakukan tindakan untuk mengatasi dan mencegahnya.

Bibir lebih mudah kering, bahkan pecah-pecah karena hilangnya kelembapan pada kulit bibir dan juga bagian bibir tidak memiliki kelenjar minyak. Banyak faktor yang menyebabkan hilangnya kelembapan kulit bibir, seperti dehidrasi yang merupakan faktor utama penyebab bibir kering hingga pecah-pecah, terkena sinar
matahari secara langsung dalam jangka waktu yang cukup lama, kebiasaan menjilat bibir dan faktor udara yang terlalu kering.

Ketika kondisi tersebut menyerang, dapat kita lihat terdapat celah-celah merah pada bibir yang menyebabkan rasa perih yang begitu menyakitkan bahkan bisa sampai berdarah.

Jika Anda menginginkan bibir lembut dan merah merona atau Anda ingin mengobati bibir Anda yang kering dan pecah-pecah, hindarilah faktor-faktor penyebab bibir kering dan pecah-pecah seperti dijelaskan di atas.

Selain menghindari faktor-faktor tersebut, Anda dapat melakukan cara ampuh mengatasi bibir kering dan pecah-pecah berikut ini :

1. Penuhi Kebutuhan Nutrisi

Kurangnya nutrisi vitamin B, zat besi atau asam lemak esensial dapat menyebabkan bibir kering dan pecah-pecah. Oleh karena itu penuhilah kebutuhan nutrisi Anda dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi vitamin B dan zat besi atau asam lemak esensial atau dapat pula mengkonsumsi suplemen
mutivitamin/mineral. Namun sebelum melakukan hal tersebut, ada baiknya jika berkonsultasi terlebih dahulu
dengan dokter.

2. Perbanyak mengkonsumsi Air Putih

Kurangnya cairan pada tubuh adalah salah satu penyebab timbulnya bibir kering. Untuk itu, pastikan jika tubuh Anda tidak mengalami kekurangan cairan, apalagi jika kondisi cuaca panas dan Anda sering berkeringat, maka teraturlah minum air putih setiap hari minimal satu liter dalam sehari.

4. Hindari Kebiasaan Menggigit Bibir

Kebiasan buruk seperti menggigit bibir menyebabkan trauma pada bibir dan merusak lapisan pelindung bibir sehingga membuat bibir menjadi pecah-pecah dan terluka.

5. Jangan Bernafas Lewat Mulut Terlalu Sering

Bernafas lewat mulut akan mempercepat pengeringan bibir dan kondisi tersebut menyebabkan bibir menjadi pecah-pecah, sehingga menimbulkan celah merah. Oleh karena itu, sebisa mungkin bernafaslah melalui hidung.

6. Konsumsi Buah dan Sayur

Dengan mengkonsumsi buah dan sayur yang mengandung banyak vitamin dan mineral secara rutin, maka akan membuat bibir Anda sehat dari dalam.(Ayu)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional