Inilah 5 Kewajiban Muslimah Kepada Allah SWT Yang Wajib Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Inilah 5 Kewajiban Muslimah Kepada Allah SWT Yang Wajib Anda Ketahui
ilustrasi

PortalMadura.Com – Sebagai wanita , harusnya mereka menyadari bahwa apa yang Allah wajibkan atas dirinya berupa tugas atau amalan-amalan ibadah dan ketaatan dalam Islam. Hal itu merupakan bentuk keistimewaan yang dikhususkan Allah atasnya, sehingga tiada alasan baginya untuk melalaikan semua kewajiban yang diembannya.

Sebagaimana firman : “Dan para wanita mempunyai hak yang seimbang dengan kewajibannya menurut cara yang ma'ruf. Akan tetapi laki-laki, mempunyai satu tingkatan kelebihan daripada istrinya. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana,” (QS. Al Baqarah : 228).

“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai wanita dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak,” (QS. An Nisa : 19).

Berikut lima kewajiban muslimah sebagai hamba Allah:

Kewajiban Terhadap Agamanya
Muslimah wajib beriman kepada Allah yang diwujudkan dengan menggantungkan segala harapannya hanya kepada Allah dalam segala kondisi dan kebutuhan. Selain itu, muslimah wajib beriman kepada hari akhir. Sehingga, ia akan bekerja sekuat tenaga untuk mendapat balasan di akhirat. Muslimah wajib menjaga segala perintah dan larangan yang diturunkan oleh Allah.

Kewajiban Terhadap Rumahnya
Hal ini khusus bagi seorang muslimah yang telah berumah tangga. Wanita muslimah harus membangun rumah tangganya sejak awal di atas dasar taqwa. Menebarkan semangat rabbani yang harum dan menjadikan seluruh kebutuhannya dalam batas kecukupan.

Rumah adalah kerajaan muslimah dan dia adalah ratunya.  Di sanalah  seorang muslimah mengembangkan segala kemampuannya dengan bebas. Apalagi ditambah dengan kehadiran seorang anak yang akan menyita waktu dan perhatiannya.

Harus disadari bahwa suami adalah pemimpin dalam rumah tangga, yang mana memiliki beban dan tanggung jawab yang berbeda dengan istrinya.

Jika seorang muslimah ditanya perihal apa pekerjaannya kemudian ia menjawab ibu rumah tangga, mungkin ada rasa minder karena sudah lulus S1 tetapi tidak bekerja di perusahaan untuk mengaplikasikan ilmunya. Bahkan orang lain beranggapan, percuma saja lulus kuliah kalau akhirnya hanya jadi ibu rumah tangga.

Padahal, menjadi ibu rumah tangga adalah pekerjaan yang mulia karena ia membangun dan memperkuat pondasi masyarakat yaitu sebuah keluarga. Para muslimah, tetaplah bangga menjadi ibu rumah tangga. Bangunlah surga melalui rumah Anda.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.