PortalMadura.com

Inilah 7 Cara Mendidik Anak Dalam Islam

  • Senin, 26 September 2016 | 17:00
Inilah 7 Cara Mendidik Anak Dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Kehadiran anak dalam rumah tangga seorang muslim merupakan nikmat yang besar dari Allah SWT. Sebagai orang tua, mereka memiliki kewajiban untuk mendidik anak-anaknya sesuai dengan petunjuk-petunjuk yang ada dalam Alquran dan tuntunan Rasulullah.

Selain itu, orang tua juga harus mengarahkan anak-anaknya untuk mengerti kebenaran, mendidik akhlaqnya, memberi contoh yang baik serta mendoakannya.

Berikut tujuh cara mendidik anak dalam Islam:

Mendidik Anak Tentang Tauhid
Rasulullah bersabda: “Bukalah lidah anak-anak kalian pertama kali dengan kalimat “Lailaha-illaallah”. Dan saat mereka hendak meninggal dunia maka bacakanlah, “Lailaha-illaallah”.

Maka dari itu, bayi waktu baru lahir diharuskan untuk langsung diazankan di telinga kanannya, dan diiqomatkan di telinga kiri.

Mendidik Anak Tentang Salat
Salat adalah tiang agama yang merupakan kewajiban bagi setiap muslim. Anak harus sudah sejak dini dilatih dan diajarkan untuk salat wajib lima waktu. Mungkin dengan mengajaknya salat berjemaah di masjid, lama kelamaan anak akan terbiasa sendiri.

Mengajarkan Anak Mengaji
Sebelum anak disekolahkan di TPA atau TK Alquran, alangkah baiknya dianjurkan dulu dia mengaji di rumah. Biasakan setiap selesai salat Maghrib untuk mengaji. Sehingga anak Anda akan mengikutinya, dan ajarkan anak secara perlahan, sabar dan penuh cinta.

Mengajarkan Anak Berpuasa
Apabila anak Anda dirasa sudah mampu untuk berpuasa, atau keingintahuannya tentang puasa sudah tinggi, maka Anda dapat mengajarkannya berpuasa. Bisa dari mulai membangunkannya waktu sahur dan menjalankan puasa sekuatnya. Jangan paksakan kemampuan anak Anda, karena anak Anda masih dalam tahap belajar.

Mengajarkan Anak Bersedekah
Ajarkan anak Anda menyantuni fakir miskin, mungkin dengan memberikan makanan atau bahan pokok seperti beras dan sembako. Biarkan anak Anda yang menyerahkan semua itu, Hal ini adalah pembiasaan untuk anak Anda.

Mengajarkan Berdoa Sebelum Melakukan Sesuatu
Banyak sekali buku-buku doa sunah yang bisa Anda terapkan pada kehidupan sehari-hari. Misalnya, doa ketika mau tidur, doa sebelum makan, doa masuk WC, doa bangun tidur dan doa lainnya.

Ajarkan anak Anda untuk mengamalkan doa-doa tersebut agar anak terbiasa untuk membaca ‘bismillah’ dan berdoa sebelum melakukan sesuatu.

Mengajarkan Sopan Santun
Rasulullah adalah seorang Nabi yang diutus Allah untuk menyempurnakan akhlak manusia, dari yang dulunya jahil atau bodoh dan sekarang menjadi cerdas. Akhlak anak Anda juga harus diarahkan agar selalu menghormati kepada yang lebih tua dan menghargai kepada yang lebih muda. (penting.id/Salimah)


loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional