PortalMadura.com

KKN Unija, Gali Potensi Desa Menuju Ekonomi Kerakyatan

  • Kamis, 16 Februari 2017 | 08:45
KKN Unija, Gali Potensi Desa Menuju Ekonomi Kerakyatan

PortalMadura.Com, Sumenep – Para mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija), Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, yang melakukan kegiatan kuliah kerja nyata (KKN) di Desa Juruan Laok, Batuputih berupaya menggali potensi desa.

Salah satunya, mengasah keterampilan warga dengan pembuatan lampu hias meja berbahan daun siwalan dan pembuatan es dawat dari buah siwalan dengan pemanis gula siwalan.

Siwalan merupakan salah satu potensi yang di miliki Desa Juruan Laok. Selama ini, potensi alam itu tidak diolah secara profesional sehingga kurang bernilai ekonomis.

Peserta KKN Unija tersebuf bekerjasama dengan Karang Taruma desa setempat.

“Dalam kerjasama itu, fokus pada pengembangan dan pengolahan potensi alam sehingga berdampak baik pada ekonomi masyarakat,” kata Ketua Karang Taruna Desa Juruan Laok, Batuputih, Sumenep, Moh. Zalwi, Kamis (16/2/2017).

Menurutnya, mengasah keterampilan warga dengan potensi alam yang ada memang perlu terus dikembangkan dan berkesinambungan menuju kemandirian ekonomi warga.

Selain itu, kepedulian dari pemerintah desa juga diperlukan. Misalnya, memberikan pemahaman tentang potensi alam yang ada serta memberi pinjaman modal melalui BUMDes.

“Jika ini terbangun, maka ilmu pengetahuan taktis yang diberikan mahasiswa dan disambut dengan aksi nyata oleh desa, otomatis ekonomi kerakyatan yang menjadi amanah undang-undang desa akan tercipta,” urainya.

Pihaknya selaku bagian dari organisasi kepemudaan ditingkat desa sudah selayaknya mendorong kreatifitas itu agar desa dapat berkembang dari sektor ekonomi.

“Potensi lain pun perlu digarap dengan sentuhan keterampilan dan permodalan yang bisa ditalangi oleh desa. Ini tidak salah kok, dan ada rujukannya di undang-undang desa,” ujarnya.

Ia pun menyampaikan terima kasih pada mahasiswa Unija yang telah ikut serta berbagi ilmu dan rela memberikan keterampilan pada masyarakat.(Hartono)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional