Ladies, Ini 5 Jenis Makanan yang Perlu Anda Konsumsi Ketika Menstruasi

Avatar of PortalMadura.com
Ladies, Ini 5 Jenis Makanan yang Perlu Anda Konsumsi Ketika Menstruasi
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat haid atau menstruasi seringkali seorang wanita mengalami nyeri di bagian perut, payudara, dan lain sebagainya. Salah satu penyebabnya karena pola makan yang tidak baik, seperti mengonsumsi air dingin atau kopi.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui apa saja yang sebaiknya dikonsumsi saat haid. Hal ini bertujuan agar haid Anda bisa lancar dan terhindar dari rasa sakit.

Berikut lima jenis makanan yang sebaiknya dikonsumsi saat haid:

Sayuran Hijau
Menurut Dr. Christine O'Connor dari The Gynecology Center, sayuran hijau dapat memberi manfaat bagi tubuh terutama saat haid. Selain kaya akan zat besi dan vitamin B, sayuran hijau juga mengandung serat tinggi. Tidak heran, kalau makanan ini dapat mengatasi masalah pencernaan yang sering mengganggu saat siklus haid datang.

Kacang-kacangan
“Daripada mengonsumsi makanan manis, lebih baik mengonsumsi kacang. Kacang mengandung lemak baik atau omega-3 yang dapat membantu Anda mengatasi rasa nyeri dibanding camilan yang terbuat dari makanan cepat saji,” ucap O'Connor.

Buah Segar
Makanan lain yang patut Anda konsumsi saat haid adalah buah-buahan. Alasannya, buah dapat melancarkan sistem pencernaan dan mencegah Anda mengalami penumpukan gas dalam perut.

Baca: Jus Bayam, Minuman Alami yang Bisa Redakan Kram Saat Menstruasi

Gandum
Sama seperti buah, serat dalam gandum bisa membantu pencernaan tetap sehat terutama selama menstruasi. Selain itu, biji-bijian dan gandum utuh juga termasuk karbohidrat kompleks, yang menyediakan vitamin dan mineral penting.

Daging Merah
Hal penting lainnya yang tidak boleh terlupakan adalah darah yang Anda keluarkan harus diimbangi dengan asupan zat besi. Hal ini penting agar Anda terhindar dari anemia.

“Diet tinggi zat besi membantu menghindari anemia dan gejala yang bisa menyertainya,” kata Dr. Sharon R. Thompson dari Pusat Obstetri dan Ginekologi Phoenix Tengah.

Selain itu, wanita yang makan daging merah akan mendapatkan cukup zat besi dari makanan. Namun, jika Anda bukan pemakan daging, Dr. Thompson merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen demi menjaga zat besi yang memadai. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.