Pengidap HIV AIDS di Pamekasan Terus Meningkat

Avatar of PortalMadura.Com
Pengidap HIV AIDS di Pamekasan Terus Meningkat
ilustrasi

PortalMadura.Com, – Pengidap penyakit Human Immunodeficiency Virus (HIV) acquired immunodeficiency syndrome (AIDS) di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur dari tahun ke tahun terus mengingkat.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan menyebutkan, jumlah penyakit menular dan mematikan itu pada tahun 2012 sebanyak 13 kasus 10 orang diantaranya meninggal dunia, tahun 2013 sebanyak 22 kasus dan 8 orang diantaranya meninggal dunia. Pada tahun 2014 sebanyak 27 kasus dan 11 diantaranya meninggal dunia.

“Kemudian pada tahun 2015 sebanyak 30 kasus dan empat orang diantaranya meninggal dunia. Jadi, semakin parah dan semakin meningkat. Jumlah keseluruhan dari tahun 2012 sampai 2015 sabanyak 92 kasus,” ungkap Kabid P2PL Dinkes Pamekasan, Rusdi Saleh, Rabu (11/11/2015).

Adapun penyebab terjangkitnya penyakit HIV AIDS tersebut salah satunya karena gonta-ganti pasangan yang biasa dilakukan oleh pekerja seks komersial (PSK), homo seksual dan atau karena tertular dari lingkungan sekitar.

“Untuk mencegah penyakit ini, kami sarankan bagi ibu hamil agar memeriksa kesehatannya supaya diketahui apakah terinfeksi penyakit itu atau tidak. Sehingga tidak menular kepada anaknya nanti,” pungkasnya. (Marzukiy/har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.