PortalMadura.com

Resep Fillet Ikan Kakap Goreng Tepung Crispy Saus Asam Manis

  • Minggu, 27 November 2016 | 09:00
Resep Fillet Ikan Kakap Goreng Tepung Crispy Saus Asam Manis
ilustrasi

PortalMadura.Com – Ikan kakap merupakan salah satu jenis ikan yang paling mudah ditemukan di Indonesia, baik di pasar tradisional maupun pasar modern. Bagi Anda para pecinta kuliner sudah pasti kenal dengan yang namanya ikan kakap, karena ikan yang satu ini adalah salah satu ikan yang terkenal enak dan gurih, serta bisa di olah menjadi berbagai jenis masakan.

Salah satu olahan ikan kakap yang disukai oleh banyak orang adalah kakap goreng tepung. Makanan ini memang terbilang simpel dalam pembuatannya. Jika Anda saat ini memiliki ikan kakap dan tidak memiliki ide untuk mengolahnya, maka tidak ada salahnya jika Anda mencoba mengolahnya menjadi masakan ikan kakap goreng tepung.

Berikut resep dan cara membuatnya:

Bahan:

250 gram ikan kakap fillet yang dipotong kotak
1 sdm air jeruk lemon
Setengah sdt merica bubuk
Setengah sdt garam
Minyak goreng secukupnya

Bahan Pelapis:

100 gram tepung terigu
100 ml susu cair
1 sdm tepung beras
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt merica bubuk
1/4 sdt garam

Bahan untuk pelengkap ikan kakap goreng tepung:

Irisan tomat
Selada keriting
Irisan mentimun

Bahan untuk saus:

5 sdm mayonaise
1 sdt saus sambal
1 batang seledri yang dicincang halus
1 sdt gula pasir
Seperempat cuka masak
Seperempat sdt merica bubuk
Seperempat sdt garam

Cara Membuat:

Pertama, lumuri potongan ikan kakap yang sudah disiapkan dengan air jeruk lemon dan biarkan selama 5 menit. Setelah itu dicuci bersih, kemudian campur dengan merica bubuk dan garam serta aduk hingga rata, lalu diamkan 15 menit lagi agar bumbu meresap ke daging.

Langkah berikutnya, panaskan minyak goreng, dan sambil menunggu minyak panas guling-gulingkan ikan pada tepung kemudian celupkan ikan dalam minyak yang sudah panas hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan, angkat dan tiriskan minyaknya.

Untuk sausnya, campurkan semua bahan saus menjadi satu, kemudian aduk hingga merata. Ikan kakap goreng tepung spesial sudah siap di sajikan. (masakankoki.com/nia)

loading...

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional