Selain Enak, 8 Jenis Makanan Sehat Ini Mampu Cegah Penyakit Diabetes

Avatar of PortalMadura.Com
Selain Enak, 8 Jenis Makanan Sehat Ini Mampu Cegah Penyakit Diabetes
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mengatur pola hidup sehat merupakan salah satu syarat utama untuk para penderita diabetes. Sebab, hal itu harus dilakukan dengan tujuan untuk mengontrol kadar gula darah, serta mencegah komplikasi jangka panjang yang disebabkan penyakit ini.

Selain mengubah gaya hidup dan meninggalkan kebiasaan-kebiasaan buruk Anda, ternyata ada sejumlah makanan yang mampu membantu mencegah .

Berikut delapan jenis makanan yang ampuh mencegah penyakit diabetes:

Buah-buahan
Salah satu menu yang wajib dimasukkan ke dalam menu harian Anda adalah buah-buahan. Para penderita diabetes bisa mengonsumsi salah satu ini yang mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat, seperti apel, pir, beri, pepaya dan persik.

Sayuran
Perbanyak pula makan sayuran. Usahakan setiap makan, Anda selalu menyertakan sayuran di piring makanan Anda. Disarankan untuk memilih sayuran jenis kacang-kacangan karena rendah lemak, namun sangat tinggi serat.

Roti Gandum
Khusus buat Anda yang menderita diabetes, harus menjauh dari roti tawar yang biasa dijual di toko. Sebagai penggantinya, pilihlah roti gandum yang justru kandungannya lebih sehat dan kaya serat.

Kacang-kacangan
Ada beberapa jenis kacang yang bagus dan sangat direkomendasikan untuk penderita diabetes, seperti kenari dan almond. Untuk itu, Anda perlu mengonsumsi jenis kacang-kacangan ini secara rutin agar hidup menjadi jauh lebih sehat.

Stroberi
Tidak ada alasan untuk tidak mengonsumsi stroberi secara rutin. Para peneliti juga mengatakan bahwa mengonsumsi stroberi membantu mengaktifkan protein dalam tubuh yang bermanfaat mengurangi kolesterol jahat dan lemak dalam darah.

Sebagai informasi, keduanya memainkan peran yang penting dalam perkembangan penyakit diabetes.

Sebuah studi yang pernah dilakukan pada tikus juga menemukan bahwa mengonsumsi stroberi bermanfaat dalam menurunkan kadar glukosa darah.

Apel
Antosianin, senyawa yang banyak ditemukan di dalam apel ampuh membantu mengatur kadar gula darah.

Bayam
Bayam kaya akan banyak nutrisi yang membuatnya menjadi sayuran sangat menyehatkan. Sebuah studi di Inggris menunjukkan bahwa mengonsumsi bayam setiap hari mengurangi risiko diabetes sebesar 14 persen.

Keju dan Yoghurt
Keju dan yoghurt yang rendah lemak juga akan membantu menjauhkan Anda dari diabetes. Para ahli percaya bahwa bakteri sehat yang ditemukan di dalam produk olahan susu fermentasi memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan dan dapat mencegah diabetes. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.