PortalMadura.com

Musim Panas, Warga Muslim di Negara Ini Puasa Ramadan 23 Jam Sehari

  • Sabtu, 27 Mei 2017 | 22:07
Musim Panas, Warga Muslim di Negara Ini Puasa Ramadan 23 Jam Sehari
Ilustrasi (Istimewa)

PortalMadura.Com – Warga muslim yang tersebar di seluruh dunia tentu telah melaksanakan ibada puasa Ramadan 1438 H yang jatuh pada hari Sabtu 26 Mei 2017.

Bagi umat muslim Indonesia, puasa dijalani selama 12 jam dalam sehari. Namun, di beberapa negara di dunia harus bertahan lapar hingga 23 jam dalam sehari.

Artinya, hanya berselang 1 jam tidak berpuasa selama 24 perjalanan jarum jam. Kenapa bisa terjadi?.

Warga muslim yang tinggal di belahan bumi utara seperti di Eropa, sudah memasuki musim panas, maka akan mengalami “siang” lebih panjang dan malam yang sangat singkat.

Bahkan, di negara-negara Eropa yang berada di lingkar kutub, di musim panas ini, matahari terus menampakan wujudnya dan nyaris tak pernah terbenam.

PortalMadura.Com, Sabtu (27/5/2017), melansir dari kompas.com, wilayah yang nyaris tidak mengenal malam hari, antara lain, Laplandia, Finlandia, dan Swedia.

Salah satu contoh, keluarga Mohammed, pria keturunan Banglades, yang bertempat tinggal di wilayah utara Finlandia yang mengalami hanya 55 menit matahari terbenam.

Kapolres Sumenep

“Kami mulai berpuasa pukul 01.35 dini hari dan berakhir pukul 00.48 keesokan harinya. Jadi kami berpuasa 23 jam dan lima menit,” kata Mohammed.

“Teman-teman  dan keluarga saya di Banglades sangat takjub karena kami mampu berpuasa lebih dari 20 jam,” ujar Mohammed kepada AJ+

“Jadi saat mereka mendengar kami berpuasa hingga 23 jam sehari mereka hanya bisa terheran-heran. Saya berterima kasih kepada Tuhan karena kami bisa menjalaninya,” tambah Mohammed.

Dijelaskan, bahwa umat muslim di negeri-negeri tetangga Finlandia juga mengalami hal yang hampir sama, sehingga membutuhkan sedikit adaptasi.

“Umat muslim yang tinggal di Laplandia, mereka biasanya mengikuti jadwal puasa di Timur Tengah atau negeri terdekat, Turki,” tutupnya.

Meski durasi puasa di negeri-negeri Eropa berbeda-beda, pada umumnya di musim panas ini mereka harus menahan lapar dan haus lebih dari 12 jam.

Di Inggris misalnya, di musim panas umat Muslim harus berpuasa antara 16 hingga 19 jam sehari. (kompas.com/Hartono)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional