oleh

Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Otak

PortalMadura.Com – Makanan yang baik untuk kesehatan otak memiliki berbagai kandungan nutrisi yang sangat penting. Apalagi dengan fungsinya yang begitu penting bagi manusia, otak memerlukan berbagai vitamin dan nutrisi lainnya, seperti omega-3.

Seiring pertambahan usia, tubuh manusia mengalami penuaan yang menyebabkan penurunan fungsi otak dan daya ingat. Oleh karena itu, dengan mencukupi konsumsi makanan dan asupan nutrisi untuk otak Anda perlu menjaga kesehatannya.

Makanan Terbaik untuk Menjaga Kesehatan Otak

Dilansir dari laman Hellosehat.Com, Minggu (9/8/2020), berikut ini makanan bernutrisi yang dapat menjaga kesehatan otak Anda.

Alpukat

Alpukat juga merupakan makanan yang baik untuk kesehatan otak. Apalagi buah-buahan yang kaya akan vitamin E, yang juga tinggi antioksidan vitamin C ini telah dikaitkan dengan penurunan risiko mengalami Alzheimer.

Buah berwarna hijau ini mengandung lemak tak jenuh tunggal yang berkontribusi terhadap sirkulasi darah sehat, yang tentunya baik untuk menjaga kesehatan otak.

Baca Juga: 36 Tanda Tanda Hamil Yang Perlu Anda Tahu

Berry

Buah berry juga merupakan salah satu makanan yang baik untuk kesehatan otak. Penelitian menemukan bahwa orang yang sering mengonsumsi bluberi memiliki daya ingat yang baik dan berisiko lebih kecil untuk mengalami penurunan daya pikir.

Kandungan antioksidan di dalamnya bermanfaat dalam mengurangi peradangan dan efek stres yang dapat menurunkan kinerja otak.

Ikan

Hal ini mungkin sudah diketahui banyak orang, karena ikan mengandung omega-3 yang dibutuhkan otak. Ikan kembung, salmon, tuna, dan sarden merupakan sumber omega-3 yang baik untuk kesehatan otak dan bahkan jantung.

Asam lemak esensial tidak dapat diproduksi secara alami oleh tubuh, yang berarti mereka harus diperoleh dari asupan makanan. Lemak ini penting untuk kesehatan otak. DHA juga memiliki peran penting terhadap keberlangsungan fungsi neuron.

Sayuran Berdaun Hijau Gelap

Sayuran berdaun hijau gelap seperti kale, bayam, brokoli, dan sayuran lainnya merupakan sumber makanan tinggi akan vitamin E dan folat. Contohnya saja, dalam 225 gram bayam mentah memiliki 15% dari asupan vitamin E harian kamu, dan 100 gram bayam masak mengandung 25% asupan harian kamu.

Penelitian menemukan bahwa vitamin E dalam dosis tertentu dapat membantu memelihara kesehatan otak, menjaga daya ingat dan kemampuan berpikir pada orang lanjut usia, bahkan dapat meringankan gejala penyakit Alzheimer.

Gandum Utuh

Otak tidak dapat bekerja tanpa energi. Kemampuannya untuk fokus dan berkonsentrasi berasal dari asupan glukosa yang stabil dan mencukupi. Glukosa dapat diperoleh dari biji gandum utuh dengan kadar indeks glikemiknya rendah (Low GI).

Karbohidrat kompleks dari gandum utuh akan dicerna dengan sangat lambat oleh tubuh, yang memungkinkan Anda untuk bisa tetap waspada dan fokus selama berjam-jam.

Gandum utuh, seperti oatmeal, roti gandum, sereal gandum, dan beras merah dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Jantung yang sehat artinya peredaran darah yang juga baik. Kesehatan kardiovaskular yang baik, artinya Anda mempromosikan asupan darah yang baik ke seluruh sistem organ termasuk otak.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : hellosehat.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE