oleh

Ini 5 Manfaat Bawang Putih Yang Baik Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Bawang putih merupakan jenis bawang yang dapat ditemukan di seluruh dunia. Bukan hanya sebagai pelezat masakan, bawang putih telah lama digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai penyakit.

Bau yang menyengat pada bawang putih berasal dari kandungan sulfur organik, yang juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Alodokter.Com, Jumat (7/5/2021), berikut manfaat bawang putih untuk kesehatan:

Mencegah Kanker

Bawang putih diketahui mengandung senyawa allicin yang kaya antioksidan dan memiliki sifat antikanker. Mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan risiko terjadinya kanker lambung dan meredakan gejala berbagai jenis kanker, seperti kanker payudara, kanker usus besar, kanker paru, dan kanker pankreas.

Mencegah Penyakit Alzheimer dan Demensia

Bawang putih mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dalam tubuh. Radikal bebas sendiri dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan demensia.

Mencegah Pilek

Bawang putih mampu meningkatkan kekebalan tubuh, sehingga dipercaya dapat mencegah pilek. Terbiasa mengonsumsi bawang putih, lebih jarang mengalami pilek dan lebih cepat sembuh ketika terkena flu dibandingkan mereka yang tidak mengonsumsinya.

Menjaga Kesehatan Jantung

Ekstrak bawang putih dapat menurunkan kolesterol dan hipertensi, sehingga mampu menjaga kesehatan jantung. Selain itu, sel darah merah dapat mengubah kandungan sulfur dalam bawang putih menjadi gas hidrogen sulfida, yang berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Tak hanya baik untuk jantung, bawang putih juga baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Bawang putih dapat digunakan untuk mengurangi infeksi bakteri H. pylori di lambung.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar