oleh

Dikejar Target PAD, Sumenep Ancang-ancang Buka Objek Wisata

PortalMadura.Com, Sumenep – Pemerintah Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, mulai ancang-ancang untuk membuka objek wisata yang ditutup sementara selama pandemi Covid-19.

Sedangkan target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada objek wisata di tahun 2021 ini mencapai Rp. 575 juta.

“Kami melakukan persiapan pembukaan wisata yang dikelola Pemkab. Keputusan nanti ada di Satgas Covid-19,” terang Kabid Pariwisata Disparbudpora Kabupaten Sumenep, Imam Buchori, Senin (22/2/2021).

Objek wisata yang dikelola pemerintah daerah, yakni Pantai Slopeng, di Jl. Raya Slopeng, Dasuk. Pantai Lombang, di Kecamatan Batang-batang, dan Museum Keraton Sumenep, Jl. dr. Soetomo, Kecamatan Kota Sumenep.

Pembukaan objek wisata, kata dia, juga dalam rangka memenuhi target Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang tahun ini mengalami kenaikan 15 persen dari tahun sebelumnya.

“Target PAD tahun 2021 ini Rp. 575 juta. Kalau tahun 2020 sebesar Rp. 500 juta,” terangnya.

Adanya program vaksinasi dari pemerintah, kata dia, kemungkinan akan ada pola pendekatan baru yang bisa diterapkan pada masa pandemi.

“Apalagi sekarang sekolah sudah masuk. Apa tidak sebaiknya tempat wisata juga dibuka dengan momen tertentu?,” ucapnya penuh harap.

Pihaknya mengaku sudah pernah mengajukan surat permohonan pembukaan objek wisata pada Satgas Covid-19 Kabupaten Sumenep.

“Tapi gugus tugas mengatakan belum waktunya untuk dibuka. Saat ini kami mencoba kembali,” katanya.

Objek wisata milik Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep ditutup sejak masa pandemi Covid-19. Penutupan itu berlangsung sejak 16 Maret 2020.(*)

Penulis : Taufikurrahman
Editor : Raudatul Fitrah

Komentar