oleh

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Tubuh

PortalMadura.Com – Sebagian orang ada yang menyukai telur dan sering kali menjadikannya sebagai makanan yang ada di menu sehari-hari. Selain karena rasanya yang lezat, telur juga dianggap bergizi, murah, dan mudah diolah. Maka dari itu, telur menjadi salah satu makanan yang digemari banyak orang.

Perlu diketahui jika dalam satu butir telur, rata-rata mengandung 72 kalori. Sebanyak 17 kalori ada dalam putih telur dan sisanya yakni 55 kalori tersimpan dalam kuning telur.

Selain itu, kuning telur biasanya mengandung sekitar 180-200 miligram kolesterol dan 6 miligram lemak, Inilah alasannya mengapa kuning telur ditakuti dan dihindari oleh banyak orang.

Manfaat Kuning Telur untuk Kesehatan Tubuh

Sebenarnya kuning telur memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Dilansir dari laman Idntimes.Com, Senin (10/8/2020), berikut ini manfaat kuning telur yang perlu Anda ketahui.

Baik untuk Kesehatan Mata

Kuning telur kaya akan kandungan antioksidan lutein dan zeaxanthin. Kedua jenis nutrisi tersebut memiliki khasiat dapat membantu mencegah penyakit mata, seperti katarak dan degenerasi makula.

Menjaga Kesehatan Jantung

Kuning telur juga bisa menjaga kesehatan jantung, tapi juga bisa membahayakan. Semua itu tergantung pola makan telur yang Anda lakukan. Kuning telur mengandung vitamin, mineral, dan kolin.

Kuning telur memang tidak ada hubungannya langsung dengan penyakit jantung. Namun, kandungan zat kolin di dalamnya dapat mengatur fungsi kardiovaskular. Selain itu, wanita yang memiliki kandungan zat kolin lebih tinggi pada makanan mereka, berisiko lebih kecil terkena kanker payudara.

Memiliki Beberapa Nutrisi

Selain vitamin, kuning telur juga memiliki beberapa nutrisi yang baik bagi tubuh kita, seperti kalsium, zat besi, dan fosfor. Kalsium sangat baik untuk memperkuat tulang. Sedangkan zat besi bagus untuk pembentukan sel darah merah, membantu meningkatkan fungsi otak, serta menjaga sistem kekebalan tubuh.

Mengandung Asam Lemak Omega 3

Selain ikan, kuning telur juga mengandung asam lemak omega 3 yang sangat baik untuk kinerja otak dan memori. Bisa juga membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, serta menurunkan risiko penyakit kronis, seperti jantung dan kanker.

Sumber Energi yang Besar

Banyaknya vitamin, nutrisi, dan lemak yang terkandung dalam kuning telur, gak heran kalau makanan ini dapat meningkatkan energi. Jika kamu sedang lemas dan kekurangan energi untuk beraktivitas, cobalah mengonsumsi telur sekali dalam sehari. Hal ini lebih sehat dibandingkan dengan minuman penambah energi lainnya.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : idntimes.com

Komentar